Money
Gaji VS Utang

29 Dec 2011

Tanya
Gaji saya tidak besar, dan saya punya tanggungan orang tua dan adik yang tidak berpenghasilan. Karena itu, saya mengandalkan 5 buah kartu kredit  untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Lama-kelamaan saya terjerat utang hingga puluhan juta rupiah. Saya mendatangi seorang konsultan keuangan untuk minta bantuan. Katanya, keuangan saya sulit diperbaiki. Satu-satunya jalan adalah meminta adik dan orang tua mencari pekerjaan. Apakah benar ini satu-satunya jalan?

Jawab
Dua hal utama untuk memperbaiki keuangan Anda adalah menekan pengeluaran dan meningkatkan penghasilan. Anda perlu berterus terang kepada orang tua dan adik tentang kondisi keuangan Anda, kemudian bersama-sama mencari solusi terbaik. Coba teliti hal-hal yang dapat dihemat. Keluarkan dana untuk hal-hal yang harus saja. Contoh, pembayaran listrik dan anggaran belanja untuk makan dengan menu sehat tapi ekonomis.                                 
Usaha untuk  meningkatkan penghasilan juga dapat dilakukan seluruh anggota keluarga. Ibu dan adik Anda bisa melakukan pekerjaan ringan di rumah atau sekitar rumah. Misalnya, ibu Anda dapat membantu mengasuh anak tetangga, sementara adik,  dengan asumsi umur dan kesehatan yang baik, dapat melakukan pekerjaan yang lebih beragam. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan kerja paruh waktu atau pekerjaan tidak rutin yang menghasilkan (menulis cerita pendek, memberikan kursus kepada anak-anak). Dengan terus menekan pengeluaran, sambil terus meningkatkan penghasilan, perlahan-lahan Anda dapat keluar dari jeratan utang kartu kredit. (f)



 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?