Food Trend
Pintar Memilih & Membersihkan Nanas

12 Sep 2014


Pernah kecewa karena memilih nanas yang terlalu mentah? Tak perlu berkecil hati. Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan ketika memilih nanas. Pertama-tama, perhatikan daunnya. Warnanya harus hijau gelap dan segar. Hal ini menunjukkan bahwa buah nanas sudah matang. Hindari nanas dengan daun yang memiliki noda atau bintik hitam dan cokelat.  
   
Sentuh buahnya. Pastikan buahnya dalam kondisi kokoh dan tidak lembek saat ditekan. Hindari nanas yang cacat dan lembek ketika dipegang. Perhatikan pula dasar dan mahkota nanas. Tak lupa cium aroma nanas dari bagian bawahnya, bukan mahkota. Aroma yang keluar haruslah segar, harum, dan manis. Banyak orang yang salah memilih nanas karena hanya melihat warna kulit luarnya. Padahal, kulit luar tak selalu menandakan tingkat kematangan nanas. Contohnya, nanas  Cayenne. Warna kulitnya cenderung kehijauan, meski sudah matang.
   
Bila Anda sudah membeli nanas matang, segeralah mengonsumsinya atau mengolahnya. Kematangan dan manisnya buah tidak akan meningkat seiring lama penyimpanan. Nanas malah akan membusuk dan rusak cita rasanya. Nanas mentah pun sebaiknya tak dikonsumsi sembarangan. Selain rasanya masam, nanas mentah  mengandung racun yang jika dikonsumsi dalam porsi banyak akan mengakibatkan iritasi tenggorokan.

Membersihkan Nanas

Tak bisa disangkal, mengupas dan membersihkan nanas adalah pekerjaan yang cukup merepotkan sehingga membuat orang agak malas makan nanas. Ada dua metode yang umum dilakukan untuk mengupas nanas. Pertama adalah mengupas kulitnya agak tebal hingga mata nanas ikut terpotong. Cara ini tentunya menghemat waktu, tapi daging nanas yang terbuang lebih banyak.
   
Metode kedua adalah mengupas tipis kulit nanas, dilanjutkan dengan membuang mata buah mengikuti alur posisinya yang melingkar arah miring. Sebaiknya menggunakan pisau yang tajam untuk hasil yang maksimal. Cara ini membutuhkan kesabaran ekstra.
   
Tapi kini kedua metode tersebut tak perlu dilakukan jika Anda punya pineapple cutter atau pineapple slicer. Alat praktis ini membuat kita lebih gampang mengupas nanas. Pineapple cutter memiliki gagang dengan bagian bawah bergerigi tajam. Pemakaiannya cukup mudah. Buang mahkota buah terlebih dahulu, tancapkan pineapple cutter tepat di bagian tengah nanas. Putar searah jarum jam hingga mencapai bagian bawah nanas. Angkat perlahan, dan nanas pun sudah bersih dari mata buah dan siap pakai. Mudah memang, tetapi lebih banyak lagi daging buah yang terbuang.
         
Kini, demi kemudahan, supermarket dan abang tukang buah di pasar tradisional pun sudah menjajakan nanas dalam keadaan terkupas. Jadi, tak ada alasan untuk tidak menikmati buah yang unik ini. (f)



 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?