Health & Diet
Wajah Terasa Lumpuh

30 Jun 2015

Sudah 2 minggu, otot wajah sebelah kanan terasa tegang, kening susah dikerutkan, mulut dan mata sebelah kanan juga tidak bisa tertutup dengan sempurna. Apa yang terjadi?
 
Kemungkinan Anda menderita bell's palsy, kondisi yang melumpuhkan otot-otot salah satu sisi wajah, sehingga wajah menjadi asimetris. Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, banyak ahli mengatakan bahwa penyebabnya adalah peradangan saraf yang mengontrol otot-otot di wajah. Ada pula yang mengatakan,  kerusakan saraf ini merupakan akibat dari infeksi virus.

Kelumpuhan saraf tersebut bersifat sementara, dan akan hilang dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Tetapi, ada juga yang berlangsung hingga 6 bulan, sampai seumur hidup. Untuk pengobatan, biasanya dokter akan memberikan obat antivirus dan obat antiradang. Anda dapat juga menjalani terapi di klinik fisioterapi untuk melatih otot-otot wajah. Sebaiknya segera Anda periksakan  ke dokter spesialis saraf agar dilakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi keluhan Anda. (f)



 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?