BizNews
Terapkan Gaya Hidup Conscious Consumption untuk Keberlanjutan Lingkungan dan Masyarakat

28 Aug 2023


Foto : Dok. Danone-AQUA


Conscious consumption atau conscious living merupakan gaya hidup dan perilaku konsumen yang mempertimbangkan orang lain, lingkungan, dan masyarakat ketika akan membeli sebuah produk. Pendekatan tersebut juga mempertimbangkan apakah sebuah tindakan memiliki dampak positif pada diri sendiri, orang lain, maupun masyarakat. Penerapannya juga melihat apakah suatu produk dan merek layanan atau perusahaan dipilih dan dibeli secara sadar.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa konsumen yang kritis dengan memikirkan terlebih dahulu dampak atas produk yang mereka akan pilih sebelum dikonsumsi jumlahnya terus meningkat, terutama di kalangan generasi muda. 

Salah satunya data NielsenIQ, yang menyebutkan ada penambahan sebanyak 46% konsumen mencari dan menginginkan sebuah merek dapat menciptakan perubahan berkelanjutan. Penelitian yang sama menyebutkan bahwa konsumen masa kini mempertimbangkan dampak suatu produk secara keseluruhan dimana mereka menilai bahan-bahan, proses produksi, dan bahkan dampak suatu rantai pasokan terhadap planet ini sebelum mengonsumsi sesuatu, dari mulai makanan, minuman dan berbagai produk lainnya.

Meski begitu, gerakan conscious consumption ini harus terus digalakan, terutama di kalangan generasi muda untuk keberlanjutan lingkungan dan masyarakat. Hal inilah yang menggerakkan Danone-AQUA meluncurkan kampanye #PikirinDulu dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan mengajak generasi muda untuk kritis sebelum mengonsumsi dengan memikirkan terlebih dahulu dampak atas produk yang mereka akan pilih. Bahwa di balik sebuah produk, terdapat banyak sekali nilai-nilai yang penting untuk dipertimbangkan sehingga sangat penting untuk berpikir sebelum membeli atau mengonsumsi sebuah produk.

“Sejak awal perjalanan kami, Danone-AQUA memiliki komitmen untuk membawa kesehatan dan kebaikan bagi banyak orang melalui produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang berkualitas. Selain menghadirkan air minum yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan hidrasi yang menunjang kesehatan masyarakat, kami pun selalu berusaha menjaga keseimbangan antara keberlanjutan bisnis dengan kelestarian alam untuk Indonesia yang lebih sehat, serta memberikan upaya terbaik untuk mengelola dampak lingkungan dan sosial sesuai dengan visi perusahaan,” Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia, dalam konferensi pers peluncuran kampanye #PikirinDulu yang digagas Danone-AQUA. 

Lebih lanjut Arif menjelaskan bahwa kampanye sosial yang digagas Danone-AQUA ini juga sejalan dengan target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, nomor 12) yang selama ini terus menerus dijalankan Perusahaan. 

Najelaa Shihab, Pendidik dan Founder Sekolah.mu, yang turut hadir dalam acara konferensi pers pada Kamis (24/8) mengungkapkan, “perilaku conscious consumption merupakan perilaku baik yang perlu mulai dibiasakan kepada generasi muda sejak dini, di lingkungan rumah dan satuan pendidikan. Kompetensi ini menumbuhkan kesadaran dalam membuat keputusan, berkait dampak jangka panjang dari apapun yang dikonsumsi - misalnya untuk kesehatan diri. Yang lebih penting lagi, muncul juga tanggung jawab kolektif yang lebih besar, pada keberlanjutan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat.”

Andien, Penyanyi dan Social & Environmental Advocates, yang telah menerapkan concious consumption beberapa tahun belakangan ini mengatakan “Sebagai konsumen, sekarang kita membeli sebuah barang bukan hanya tindakan ekonomi semata, karena kita memilih sebuah produk melalui berbagai pertimbangan atas berbagai implikasinya mulai dari kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, dan bahkan dari sisi psikologis.”

Andien mengaku merasakan banyak manfaat dari pilihan gaya hidup conscious consumption, selain menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu produk dalam jangka waktu yang lebih lama, ia juga jadi tahu asal usul produk yang ia konsumsi atau kenakan. “Termasuk pertimbangan terhadap praktik yang bertanggung jawab terhadap pekerja yang terlibat dan sumber daya alam yang digunakan. Lalu, memikirkan juga bagaimana limbah dari sebuah produk yang sudah tidak digunakan akan dapat mempengaruhi lingkungan tempat tinggal kita,” jelasnya.

Menurut Andien dengan meningkatkan awarness #PikirinDulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu, kita tidak hanya memikirkan benefit yang di dapat dari produk tersebut, tapi juga memikirkan benefit dari hal baik yang dapat kita perbuat dengan menjaga lingkungan dan masyarakat. 

Andien pun berbagi tip bagaimana mengajarkan anak pada pola hidup berkelanjutan ini, salah satunya dengan membiasakan dan memberi contoh untuk anaknya tentang bagaimana memilih apa yang akan dikonsumsi sehari-hari. "Misalnya makanan atau minuman, saya sediakan yang menurut kami memang memberikan manfaat bagi kesehatan, contohnya air mineral seperti Aqua," ungkap Andien. 

Sebagai bagian dari kampanye #PikirinDulu, Danone-AQUA bermitra dengan Universitas Indonesia juga mengundang para mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi inovasi program terkait isu kesehatan dan keberlanjutan lingkungan bertajuk “Voice of Youth Challenge 2023”. Detail mengenai kompetisi ini dapat diakses melalui akun instagram @voiceofyouthchallenge. (f) 


Baca Juga: 
Mari Mulai Kesadaran Daur Ulang Sampah Plastik dari Rumah Kita Sendiri
Pakaian dan Tekstil Rumah Tangga yang Ramah Lingkungan Jadi Pilihan Konsumen di 9 Negara, Termasuk Indonesia
Masyarakat ASEAN Rela Membayar Lebih Mahal Demi Produk yang Dukung Conscious Lifestyle


Faunda Liswijayanti


Topic

#konsumen, #gayahidup, #belanja, #consciousconsumption

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?