Career
Siapkah Anda Selalu Profesional Saat Ngantor di Rumah?

24 May 2021

Foto: Freepik
 

Survei Microsoft Corp bertema The Next Great Disruption Is Hybrid Work — Are We Ready? mengungkap, 63% karyawan di Indonesia menyebutkan tahun depan mungkin akan berpindah perusahaan, jika perusahaan mereka sekarang tidak menawarkan opsi kerja dari rumah. Sementara itu, dari survei yang sama ada 72% pimpinan perusahaan di Indonesia yang berencana meneruskan model kerja hibrida demi mengikuti perkembangan zaman. Ditambah lagi, fleksibilitas sistem kerja seperti ini sangat disukai oleh generasi milenial. Masalahnya, apakah Anda siap menjaga profesionalitas selama bekerja dari rumah?
 
Ini 4 hal yang harus dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda memang profesional:
 
1. Standby selama jam kantor
Ketika secara fisik berkantor di kantor, sewaktu-waktu atasan bisa menghampiri Anda di cubicle atau menghubungi telepon di meja Anda. Nah, saat ngantor di rumah pun atasan dan rekan kerja harus bisa menghubungi Anda, terutama selama jam kantor. Pastikan baterai ponsel Anda selalu cukup dan ponsel selalu berada di tangan Anda. Jika Anda juga sambil sibuk mengurus rumah, simpan ponsel di kantong dan aktifkan mode getar. Dengan begitu, Anda bisa cepat tanggap, jika atasan atau anggota tim menelepon atau mengirim pesan. Jangan biarkan atasan sibuk mencari-cari Anda untuk menyelesaikan masalah yang urgent, sampai harus memanggil-manggil di media sosial. 
 
2. Jawab pesan dengan cepat
Sejumlah masalah di kantor bisa jadi memerlukan solusi yang cepat. Atasan atau anggota tim mungkin mengandalkan Anda untuk segera turun tangan  menyelesaikan masalah. Jadi, jangan biarkan pesan-pesan itu menunggu terlalu lama. Paling tidak, dalam 30 menit pesan sudah harus dijawab. Kalau sedang sibuk mengerjakan urusan lain atau menemani anak belajar, usahakan selalu mengecek ponsel setiap 15 - 30 menit. Jangan lupa, Anda masih di jam kantor, lho. Sah-sah saja jika dituntut untuk cepat menjawab pesan.
 
3. On time ketika meeting
Jika tidak ada gangguan sinyal, seharusnya online meeting sangat memudahkan hidup. Meeting jam berapa pun bisa, deh. Harus meeting pukul 7 pagi, siapa takut? Toh, tinggal menyalakan laptop. Tak perlu grasa-grusu sejak subuh atau stres karena harus membelah kemacetan. Karena itu, masuklah ke ruang rapat paling tidak 5 menit sebelum jadwal meeting. Apalagi jika undangan datang dari Anda. Kalau takut lupa akan jadwal rapat, manfaatkan fitur reminder di ponsel pintar Anda. Hari gini ponsel seharusnya sudah berperan sebagai asisten tercanggih Anda. 
 
4. Tampil profesional 
Kalau ngantor di kantor, nggak mungkin, kan, Anda memakai daster atau tank top? Itu berarti, saat meeting dari rumah pun sebaiknya Anda tidak mengenakan baju rumah. Boleh, sih, pakai celana pendek, asal tidak kelihatan di layar laptop peserta meeting. Tapi, atasannya harus tetap terkesan profesional, ya. Jangan lupa ulaskan makeup tipis saja pada wajah, agar tidak ada kesan ‘muka bantal’, kurang tidur, atau kelelahan. Penampilan Anda yang selalu segar dan penuh semangat pasti akan mencuri poin dari atasan. (f)


Baca Juga: 
Usia Anak Pengaruhi Angka Wanita Bekerja
Temuan Menarik: Lebih Dari 80% Pegawai Ingin Terus WFH
Makin Tinggi Pendidikan, Makin Mudah Cari Kerja? Ini Faktanya

 


Topic

#stayathome, #workfromhome, #kerjadarirumah

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?