Career
Work From Home Lebih Berat Bagi Gen-Z dan Milenial

26 May 2020


Foto: Unsplash
 

Survei yang dilakukan oleh Engine Insight dari Smartsheet mengungkapkan bahwa kegiatan work from home (WFH) ternyata cukup berat bagi pekerja, terutama kalangan milenial dan gen-Z. Sebanyak 95% pekerja gen-Z dan 93% pekerja milenial mengaku mereka merasakan masa sulit dalam transisi WFH.

Tiga perempat kelompok pekerja Amerika Serikat merasa kurang terhubung dengan orang lain selama masa pandemi. Dari jumlah tersebut, 82% di antaranya merupakan gen-Z, dan 81% merupakan milenial. Selain itu, 60% pekerja Amerika merasa kurang terinformasi tentang keadaan perusahaan selama WFH. Di dalamnya terdapat 74% gen-Z dan 66% milenial.

Kemudahan berkomunikasi juga menjadi tantangan selama WFH. Sebanyak 48% gen-Z dan 46% milenial menyatakan bahwa berkomunikasi dengan rekan kerja menjadi sulit selama WFH. Sementara hanya 35% gen-X dan 36% baby boomers yang merasakan hal serupa.

Hampir sepertiga pekerja melaporkan bahwa sulit untuk memahami status proyek pekerjaan selama WFH. Hal ini dirasakan oleh 50% gen-Z dan milenial. Di samping itu, lebih dari 40% gen-Z dan milenial merasa sulit kumpulkan informasi yang dibutuhkan selama WFH. Sementara, hanya 33% gen-X dan baby boomers yang merasa demikian.

Gen-Z dan milenial tampaknya lebih menyukai pertemuan tatap muka dibandingkan pertemuan digital. Jadi tak heran video meeting dan email tak bisa menggantikan kemudahan interaksi langsung. Sebanyak 61% gen-Z dan 57% milenial mengeluhkan bahwa video conference menghambat produktivitas mereka. Sementara hanya 35% gen-X dan 26% baby boomers merasakan hal yang sama.

WFH yang efektif tak hanya butuh kecakapan digital. Nyatanya, WFH merupakan cara baru dalam bekerja yang butuh dipelajari dan didukung, bahkan bagi anak muda yang sudah akrab dengan dunia digital. WFH yang menyenangkan dan produktif dapat timbul dari pembelajaran proses, komunikasi, dan budaya. Hal ini memang butuh waktu dan komitmen.


Baca Selanjutnya: Memasuki Tatanan Baru (New Normal)
 


Topic

#WFH, #Corona, #Gen-Z, #milenial, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?