Family
Anak Sudah Mulai Sibuk Sekolah, Ini 4 Aktivitas Me Time untuk Ibu Sibuk

14 Jul 2020


Foto: Pexels

 
Sejak new normal digaungkan, perlahan aktivitas sehari-hari mulai berjalan seperti sedia kala. Akan tetapi, anak-anak usia sekolah sebagian besar masih harus belajar dari rumah, terlebih bagi peserta didik yang tinggal di zona kuning, oranye, dan merah dalam penyebaran COVID-19.
 
Walau mensyukuri bisa meluangkan begitu banyak waktu dengan anak di rumah, namun kegiatan belajar dari rumah juga menambah kesibukan para ibu. Selain mengurus rumah atau bekerja, Anda harus mengawasi kegiatan belajar buah hati.

Tentu saja ini bukan pekerjaan yang mudah. Waktu 24 jam kadang terasa kurang untuk menyelesaikan semua pekerjaan di rumah, misalnya membersihkan rumah, work from home, hingga menemani anak belajar. Hal ini akhirnya bisa membuat Anda lupa untuk meluangkan waktu berharga bagi diri sendiri.

Memang sulit untuk mencari waktu luang bagi diri sendiri. Tetapi, saat anak sedang disibukkan dengan kegiatan belajar di depan laptop, tidak ada salahnya Anda rehat sejenak untuk nikmati me time.

Me time terbukti mampu membuat kita lebih bersemangat. Fokuslah pada diri sendiri dan lupakan hal-hal lain selama menjalani me time. Ada beberapa pilihan kegiatan me time sederhana yang bisa dilakukan di sela kesibukan rumah namun cukup ampuh mengatasi stress.
 
1. Yoga 15 Menit
Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga baik untuk kesehatan mental. Yoga meningkatkan kesadaran tubuh, mengurangi stress, menenangkan saraf, dan membantu untuk tidur lebih nyenyak.

Di samping itu, yoga meningkatkan level gamma-aminobutyric acid (GABA), zat kimia di otak yang membantu meregulasi aktivitas saraf. Hal ini membantu mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh aktivitas GABA yang rendah.

2. Membaca Buku
Membaca buku adalah cara terbaik untuk menenangkan diri, bahkan lebih baik dari berjalan-jalan dan mendengarkan musik. Hanya dengan membaca selama 6 menit, Anda sudah bisa merasa lebih tenang dan rileks.

Tidak hanya membuat rileks, membaca juga membantu mencegah penyakit, meningkatkan imajinasi, menumbuhkan rasa empati, membuat tidur lebih nyenyak, menambah wawasan, dan merupakan hiburan yang positif.

3. Merawat Tubuh
Selama me time, manjakan diri Anda dengan mandi busa menggunakan sabun dengan aroma yang wangi dan menenangkan. Lakukan manicure di rumah agar kuku Anda terlihat lebih cantik atau gunakan masker wajah untuk membuat kulit Anda lebih segar.

4. Memasak
Memasak adalah aktivitas yang sangat menenangkan dan merupakan cara untuk mengurangi stress, bahkan masak termasuk bentuk terapi. Memasak memberikan rasa kepuasan dan pencapaian, serta dapat membuat orang lain merasa senang. 

Selain itu, memasak hidangan-hidangan yang sehat juga dapat meningkatkan hormon serotonin yang membuat kita merasa senang.(f)
 



BACA JUGA:
Tip Anti Stres Saat Mendadak Jadi Guru di Rumah
Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak Selama #dirumahaja
4 Cara Membuat Anak Fokus Belajar Di Rumah

 


 


Topic

#newnormal, #corona

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?