Family
Dampak Pandemi COVID-19 : Milenial Kembali Tinggal dengan Orang Tua

9 Sep 2020


Dok. Pexels



Berdasarkan penelitian terbaru dari Pew Research Center menemukan sebuah perubahan perilaku dari dampak pandemi. Yaitu, di tengah ketidakpastian ekonomi yang ekstrim dan tantangan pekerjaan, membuat banyak orang dewasa muda pindah untuk tinggal bersama orang tua mereka. 

Penelitian yang dilakukan bulan Juli di Amerika Serikat tersebut ditemukan bahwa sekitar 52% milenial tinggal di rumah orang tua mereka, dari sebelumnya hanya 47% pada bulan Februari. Sayangnya, belum ada penelitian serupa di Indonesia, yang bisa membuktikan apakah hal ini juga terjadi di tanah air. 

Meskipun krisis pandemi COVID-19 telah membuat banyak orang kesulitan dari berbagai macam perspektif, memang tak dapat dipungkiri bahwa golongan milenial adalah salah satu yang terpukul. Pasalnya, banyak kampus yang harus ditutup, mahasiswa terpaksa pindah kembali ke rumah dan belajar jarak jauh.

Belum lagi yang baru saja lulus, kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi dimana perekomian negeri tengah melemah. Semakin sedikit perusahaan yang merekrut karyawan baru atau bahkan bisnis tak sedikit yang harus gulung tikar. 

Masih menurut temuan Pew Research Center, dalam kurun waktu kurang dari enam bulan, anak usa 16 hingga 24 tahun yang tidak bersekolah atau bekerja meningkat dua kali lipat karena COVID-19 dan kemerosotan ekonomi. 

Sebenarnya, sebelum pandemi, orang dewasa muda(golongan milenial akhir dan awal generasi Z) banyak yang bergantung pada orang tua. Masih dalam temuan yang sama mengatakan bahwa enam dari 10 orang tua dengan anak usia 18-29 tahun telah memberikan anak-anak mereka setidaknya sedikit bantuan keuangan dalam setahun terakhir, terutama untuk pengeluaran terkait uang sekolah, sewa, belanja atau membayar tagihan.

Namun, bagi orang tua, mendukung anak-anak yang sudah dewasa dapat menjadi hal yang sangat menguras tenaga, yang mana keamanan finansial mereka sendiri juga terancam. Banyak orang tua yang merasa ketergantungan anak secara finansial pada mereka dapat mengacaukan rencana pensiun mereka. (f)



BACA JUGA :
Kisah 3 Sandwich Generation Memecahkan Problematika Hidup Mereka
Budaya dan Minimnya Persiapan Hari Tua Dorong Tumbuhnya Generasi Sandwich
Bantu Orang Tua Berusia Lanjut Melalui Masa Pandemik Virus Corona



 


Topic

#milenial, #orangtua, #corona, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?