Family
Ini Peran Orang Tua dalam Ciptakan Suasana Belajar Nyaman Bagi Anak

23 Jul 2020


Foto: Pexels



Hari Anak Nasional kali ini diperingati di tengah adaptasi kebiasaan baru yang mengharuskan para orang tua, keluarga, dan sekolah menyesuaikan cara pengasuhan dalam kondisi krisis COVID-19.

Pemerintah pun memaknai Hari Anak Nasional tahun ini dengan upaya agar tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal di masa pandemi, serta mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan terhadap 79,5 juta anak Indonesia. 
 
“Hal terpenting dalam kegiatan pembelajaran di rumah adalah menciptakan suasana yang nyaman agar anak-anak tidak jenuh dan dapat tetap semangat dalam melakukan kegiatan belajar. Komunikasi yang lancar antara sekolah dan orangtua, terutama mengenai materi pembelajaran dan tantangan yang mungkin dihadapi orangtua saat di rumah, juga menjadi kunci keberhasilan proses belajar di rumah untuk anak-anak,” ujar Saskhya Aulia Prima, Psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi.
 
Saskhya memberi kiat agar orangtua menerapkan rutinitas meskipun hanya di rumah saja. Rutinitas yang dapat diprediksi dan dilakukan secara terus-menerus, mampu memberikan perasaan yang aman, tenang, dan nyaman di tengah kondisi yang sedang tidak menentu.

“Orang tua perlu ingat, bahwa kita bukan menghadapi anak kecil, tapi orang dewasa yang masih kecil, sehingga kita perlu mempersiapkan rumah sebagai wadah yang mampu membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan,” ungkapnya.
 
Orang tua juga berperan penting dalam menumbuhkan minat dan bakat anak. Menurut Farraas Afiefah Muhdiar, psikolog Rumah Konsultasi Tiga Generasi, minat yang merupakan ketertarikan anak pada suatu kegiatan perlu dieksplor sejak dini. Khusus bagi anak-anak usia dini sebaiknya tidak hanya berfokus pada satu minat saja.
 
“Minat dan bakat pada kegiatan seni dan olahraga justru sangat berpengaruh pada faktor kognitif anak atau kecerdasannya. Oleh karena itulah, saat sedang pembelajaran di rumah ini, menjadi momen yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai minat anak melalui bermacam-macam kegiatan,” kata Farraas.
 
Membimbing anak-anak belajar di rumah memang tidak mudah dan penuh tantangan, Akan tetapi orang tua perlu bertekad menciptakan suasana belajar yang menyenangkan demi masa depan anak-anak.(f)
 
 


BACA JUGA:
Mengenal Keterampilan 5C Pada Anak dan Cara Mengasahnya
Anak Sudah Mulai Sibuk Sekolah, Ini 4 Aktivitas Me Time untuk Ibu Sibuk
Hati-Hati, 62 Persen Anak Mengalami Kekerasan Verbal oleh Orang Tuanya Selama Pandemi COVID-19



 


Topic

#newnormal, #corona, #parenting, #harianaknasional, #anak

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?