Food Review
7 Tempat Baru Minum Kopi di Jakarta

5 May 2016


 
Coffee shop selalu jadi favorit tempat untuk berkumpul atau meeting. Karena itu semakin banyak coffee shop yang bermunculan. Selain minuman lezat (kopi), coffee shop menawarkan pula menu-menu lezat dan tempat asyik untuk nongkrong. Berikut beberapa femina rekomendasikan beberapa tempat ngopi-ngopi baru di Jakarta yang seru.

 

 
1. Routine Coffee and Eatery
Berlokasi di atas Ministop, coffee shop ini menawarkan suasana industrial minimalis dengan dominasi furnitur kayu dan besi. Jika Anda menyukai kopi hitam, coba segelas kopi yang diracik menggunakan metode V60. Kopi yang dihasilkan dengan metode ini lebih cair, tapi bisa mengeluarkan aroma serta taste asli. Nikmati kopi bersama Eggs Benedict, menu sarapan yang hadir sepanjang hari di kedai kopi ini. Coba juga Sirloin Steak Sandwich. Daging sirloin juicy disajikan bersama roti ciabatta khas Italia dan potato chips.
 
Alamat: Jln. Raya Wahid Hasyim Blok FG14 No 42 Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang
Telp: (021) 74870084
Jam buka: Minggu-Kamis 08.00-23.00 WIB, Jumat-Sabtu 07.00-24.00 WIB.

 
 
2. Java Jazz Coffee
Kafe ini menampilkan memorabilia event Java Jazz, mulai dari foto sampai video pertunjukan dari tahun ke tahun. Coba segelas Day-O Banana Spekulaas (Rp 45.000). Ice blended ini memadukan kopi dengan pisang, susu, biskuit spekulaas khas Belanda, dan whipped cream. Menu kopi lain yang wajib Anda coba adalah Smooth Java Jazz Latte yang creamy dan tetap manis meski tanpa gula. Pas dinikmati bareng Oxtail Pie. Pie ini berisi daging buntut dan kentang yang lembut. Ketika digigit, muncul rasa keju dari kulit pie yang bikin camilan ini makin sempurna di lidah.
 
Alamat: Pacific Place Lt. 2 Unit 16 Jln. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan       
Telp: (021) 30027115
Jam buka: Minggu -Sabtu 10.00-22.00 WIB.

 
 
3. Kedai Filosofi Kopi
Waktu mengobrol semakin berkualitas karena Filosofi Kopi sengaja nggak menyediakan wi-fi. Bonusnya, Anda berpeluang besar bertemu Rio Dewanto, Chicco Jerikho, dan Angga Dwimas, he he he. Coba kopi Tiwus yang diracik dengan metode syphon menggunakan alat seperti tabung cembung. Kopi asli Indonesia yang dirahasiakan daerah asalnya dirahasiakan ini terasa sangat light. Menu lain adalah Affogato Orgasm. Affogato disajikan spesial bukan hanya menggunakan es krim vanila, melainkan juga durian. Untuk camilan, pilih Waffle with Ice Cream atau, kalau ingin yang gurih cicipi Fried Cassava (Rp 20.000) dengan pilihan rasa keju atau barbekyu. Dua menu ini enak dinikmati bareng teman karena porsinya cukup besar.
 
Alamat: Jln. Melawai 6 Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Minggu-Sabtu 08.00-11.30 & 13.30-22.00 WIB.

 
 4. Icon 05 Coffee & Resto
Resto ini memadukan unsur pop art industrial, sehingga dindingnya dihiasi lukisan. Sementara, kursi dan meja lebih banyak menggunakan material kayu. Jajal Affogatto-nya, espresso yang sudah dibekukan lalu dicampur dengan es krim vanila. Rasanya sama sekali nggak pahit, justru cukup manis dan segar di mulut. Cicipi pula Chicken Chop, paha ayam tanpa tulang yang dipanggang ini sangat garing kulitnya. Dagingnya gurih banget dan makin sedap dipadukan dengan saus jamurnya.  Untuk camilan, pesan Blackroll Green Tea Mousse (Rp 35.000) yang warna hitamnya berasal dari arang bambu untuk makanan.
 
Alamat: Jln. Bintaro Utama 5 Blok EA-2 No. 47, Bintaro Jaya
Telp: (021) 7358963
Jam buka: Minggu -Kamis 10.00-23.00 WIB. Jumat-Sabtu 10.00-24.00 WIB

 
5. ST. Ali
Tren dari distrik bisnis Melbourne itu membawa femina menuju selatan kota, ke kedai kopi ST.  ALi. Salah satu yang wajib coba adalah soy latte khasnya. Jakarta adalah cabang perdana ST. Ali di Asia Tenggara. Di ST. ALi Jakarta, ruang lapangnya tak berpendingin udara, Anda diajak untuk ngopi di teras, serta menikmati aroma Orthodox Blend (dari biji kopi Guática dan Raiha -Red.), yang membaur dari  mesin kopi La Marzocco di area muka. Hidangan brunch diperkaya pastry dan bakery yang disuplai BEAU hingga Ladies Who Bake. Semua ini membuatnya pas sebagai tempat sarapan seawal pukul 7 pagi, tapi tidak untuk menghabiskan macet usai ngantor karena sebagaimana gaya seberang, ST. ALi tutup pukul 6 sore.
 
Alamat: Setiabudi One, Jl. Rasuna Said No.63, Kuningan, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 52906814.
Jam buka: 07.00-18.00 WIB.

 
6. Caribou Coffee
Salah satu menu kopi yang mesti dinikmati pada gerai kopi asal Minneapolis, Minnesota, AS ini adalah segelas mocha-nya, yang memiliki perpaduan dark chocolate dan espresso yang begitu ‘tebal’ pada tiap sajiannya. Caribou Coffee berpartner dengan Rainforest Alliance untuk mendapatkan biji kopi arabika bersertifikasi yang ramah lingkungan. Ruangan yang nyaman membuat tamu betah duduk berlama-lama, ada nafas dekorasi sebuah log cabin di tengah musim dingin. Kesan yang utuh jika Anda meresapinya sambil minum Campfire Mocha, yakni mocha (dengan pilihan dark/ milk/ white chocolate) ber-topping marshmallow, krim, dan chocolate chip. Ada juga Mint Condition Mocha yang ‘hangat’ beraroma mint.
 
Alamat: Jl. Senopati No. 52, Kebayoran, Jakarta Selatan.
Jam buka: 06.30–23.00 WIB.
Telp: (021) 27515162.

 
7. Rigby’s Coffee House
Kalimat ‘The power of man’s mind is directly portioned to the quality of coffee he drinks’ oleh James Mackintosh pada dinding menjadi aksentuasi dekorasi tempat ini, sekaligus gambaran kualitas kopi yang dihadirkan. Warna putih monokrom dipercantik dengan ubin bermotif Mediterania. Kopi di sini disajikan dari kombinasi 30% biji kopi arabika dari tanah Brasil dan 70% dari Sumatra Barat. Tidak terlalu asam, dengan tastenotes cokelat. Café Latte menjadi minuman yang laris. Proses pemanasan susu hingga 60 derajat C membuat rasa ‘manis’ susu lebih bertahan. Di antara beragam sajian dalam menu, Chicken Ala Cordon Bleu atau Spaghetti with Beef Mushroom Cream Sauce, patut dicoba. Saus krimnya relatif terasa ringan, ditingkahi aroma jamur dan minyak zaitun.
 
Alamat: 18 Office Park, GF3. Jl. T.B. Simatupang Kav. 18, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 22708251.
Jam buka: Senin - Jumat 07.00–19.00 WIB.


Coba juga resep membuat kopi sendiri berikut ini:
Coffee and Caramel Shake
Iced Coffee Jelly
Spice Mix Cappuccino
Coffee Cocoa Soda




Fanny Indriawati, Saparinah M, Trifitria Nuragustina, Valentina Limbong
Foto: Hermawan, Irvan Arryawan, dok. Femina


Topic

#tempatminumkopi

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?