Gadget
Strategi UMKM Manfaatkan TikTok untuk Promosi Produk

31 Aug 2021

Memanfaatkan tik tok untuk pemasaran produk dan jualan
Foto: Unsplash


Di Indonesia, TikTok sukses menciptakan audiens berusia rentang 18-35 tahun jatuh hati dan menjadi pengguna aktif. Sebanyak 37 juta pengguna bulanan aktif dari Indonesia turut meramaikan platform TikTok dan menghabiskan waktu rata-rata 377 detik per sesi, dua kali lebih lama dibandingkan Instagram dan Facebook yang sudah lebih dulu populer di Indonesia.

Popularitas TikTok sebagai platform berbagi video singkat tak hanya meningkat di kalangan Gen-Z, melainkan juga di kalangan pegiat UMKM. Para pelaku UMKM ini menggunakan TikTok sebagai platform untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis mereka.

Tertarik untuk mengembangkan pemasaran bisnis Anda lewat TikTok? Ini strategi pemasaran di TokTok untuk memenangkan hati calon pelanggan Anda.

1/ Kenali target konsumen dengan baik

Komunitas TikTok sangat beragam dan memiliki berbagai ketertarikan yang berbeda-beda. Hal itu tentu bisa Anda manfaatkan untuk membantu memperluas pangsa pasar. Namun sebelumnya, pastikan Anda memahami betul bisnis Anda sendiri dan dapat melakukan identifikasi target konsumen. Memahami target konsumen akan memudahkan Anda dalam menyajikan informasi yang tepat ke depannya.

2/ Promosi produk dengan motode storytelling

Amati dengan baik inspirasi konten dari target konsumen yang akan Anda sasar. Anda juga bisa memanfaatkan custom audience targeting di TikTok agar konten pemasaran yang disajikan dapat ditonton oleh audiens yang tepat. TikTok merupakan media sosial berbasis video yang menampilkan berbagai video auto-loop dengan durasi sekitar 15-60 detik. Metode video-video di TikTok memudahkan pengguna untuk bisa saling berinteraksi dengan membalas video, hingga “berkolaborasi” dengan kreator video lainnya. Itu sebabnya, Anda bisa berkreasi membuat video yang interaktif, menarik secara visual, dan menjalin engagement dengan audiens melalui storytelling.

3/ Maksimalkan solusi periklanan

TikTok memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk mencapai target bisnis mereka melalui sistem pengaturan budget iklan yang fleksibel. Dengan budget iklan yang dapat disesuaikan, para pelaku UMKM dapat meningkatkan awareness, meningkatkan traffic, hingga membangun engagement dengan audiensnya. (f) 


Baca Juga: 
Tertarik Jadi Investor pada Peer to Peer Lending? Pahami Dulu 5 Risikonya
Buat Bisnis Kuliner Makin Harum dan Cepat Berkembang Dengan Bantuan Ghost Kitchen
Tren Bisnis Fashion Berkelanjutan, Ini yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis



Topic

#tiktok, #marketing, #umkm, #digitalmarketing

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?