Health & Diet
Aturan Main Berolahraga pada Masa New Normal

9 Jun 2020


Foto: Desman Mendrofa


Gubernur Anies Baswedan telah mengumumkan pada Kamis, (4/6/2020) lalu akan memperpanjang status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekaligus menetapkan bahwa bulan Juni sebagai masa transisi yang mulai berlaku pada Jumat (5/6/2020).
 
Selama masa transisi ada beberapa fase pelonggaran PSBB, dimana kegiatan yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat dan efek risiko yang terkendali mulai diperbolehkan salah satunya pembukaan fasilitas publik seperti sarana olahraga terbuka.
 
Namun, risiko penularan COVID-19 ini masih sangat tinggi, apalagi jumlah pasien positif semakin naik. Dengan demikian, bagi masyarakat yang melakukan olahraga di area umum harus mematuhi dan melakukan protokol kesehatan dengan baik.  
 
Untuk mengurangi risiko penularan terutama bagi masyarakat aktif berolahraga, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) telah mengeluarkan Panduan Latihan Fisik di Tempat Umum selama masa New Normal.
 
1/ Tetap beraktivitas fisik di rumah
Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan kepada masyarakat untuk sebisa mungkin tetap latihan fisik atau olahraga di rumah saja.
 
2/ Pastikan sehat dan fit
Pastikan Anda sehat dan fit saat hendak melakukan latihan fisik atau olahraga di tempat umum, dan pilih zona hijau COVID-19.
 
3/ Tetap jaga jarak
Untuk pesepeda yang berombongan, pastikan jarak antara di depan dan yang belakang minimal 20 meter. Sedangkan yang melakukan lari atau jogging jaga jarak hingga 2 meter sekalipun berolahraga dengan anggota keluarga.
 
4/ Jangan saling pinjam peralatan
Gunakan perlengkapan olahraga sendiri seperti botol minum dan barang bawaan pribadi seperti handuk atau pakaian.
 
5/ Jangan sentuh wajah
Hindari menyentuh permukaan sarana atau peralatan umum dan area wajah terutama mata, hidung, dan mulut selama latihan fisik.
 
6/ Tetap menggunakan masker
PDSKO merekomendasikan untuk melakukan latihan fisik dengan intensitas ringan sampai sedang dengan tetap menggunakan masker.  
 
 
Selain itu, (PDSKO) juga membuat stratifiksasi atau pengelompokan risiko latihan fisik di lingkungan terhadap penularan COVID-19.
1/ Risiko rendah
Berolahraga di rumah, dilakukan sendiri atau dengan anggota keluarga, dan menggunakan peralatan olahraga miliki sendiri.
 
2/ Risiko sedang
Berolaraga di tempat umum, sendiri atau dengan anggota keluarga tidak lebih dari 5 orang, serta menggunakan peralatan olahraga miliki sendiri.
 
3/ Risiko tinggi
Berolahraga di tempat umum, berkelompok atau bersama orang lain yang bukan anggota keluarga, menggunakan peralatan secara bergantian. (f)


Baca Juga:
Rahasia Diet Sederhana Demi Tubuh Ideal dan Kesehatan
Bepergian Keluar Kota dengan Transportasi Umum di Masa New Normal, Ada Syaratnya
Cegah Penyebaran COVID19, Produsen dan Pengantar Harus Menjamin Keamanan Pangan

 


Topic

#corona, #newnormal, #covid_19

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?