Health & Diet
Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung di Masa New Normal

24 Jun 2020


Foto: Pexels

 
Banyak penyesuaian yang harus dilakukan saat memasuki masa new normal. Kita harus melakukan aktivitas sehari-hari seperti berbelanja di mall, makan di restoran, naik transportasi umum, hingga berolahraga dengan cara agak berbeda.

Seperti yang diungkapkan Wiku Adisasmita, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal sehari-hari, namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Tetapi, bagi pasien dengan masalah jantung tak ada perubahan signifikan dalam tata laksana atau terapi penyakit jantung.

“Obat-obatan harus dikonsumsi rutin sesuai anjuran dokter seperti sebelum masa pandemi COVID-19. Di samping itu terapkan pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan, olahraga, dan kontrol faktor risiko penyakit jantung,” ujar dr. Sari Sri Mumpuni, Sp.JP (K), FIHA, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah atau konsultan kardiologi intervensi RS Pondok Indah- Pondok Indah dan Bintaro Jaya.

Dalam webinar bertajuk Kebiasaan Baik Untuk Kesehatan Jantung, dr. Sari mengungkap beberapa cara untuk mengurangi risiko serangan jantung, yakni:

1. Stop merokok dan hindari situasi perokok pasif.

2. Kontrol tekanan darah jika mengalami hipertensi

3. Konsumsi makanan sehat, seperti makanan rendah lemak trans, rendah garam, dan rendah gula.

4. Olahraga intensitas sedang.

5. Jaga berat badan ideal.

6. Kontrol gula darah.

7. Konsultasi ke dokter dan minum obat sesuai anjuran secara rutin.

Pasien dengan masalah jantung dapat kembali ke rumah sakit pada masa transisi menuju new normal untuk menjalankan kontrol rutin atau menjadwalkan ulang rencana tindakan yang tertunda.

Di samping itu, jika ada keluhan seperti cepat lelah, nyeri dada, sesak napas, berdebar, terasa seperti mau pingsan, kaki bengkak, atau tekanan darah naik drastis, maka pasien dapat kembali menemui dokter spesialis jantung di rumah sakit dengan tetap terapkan protokol kesehatan COVID-19.(f)

 

BACA JUGA:
Aturan Main Berolahraga pada Masa New Normal
Cegah Penyebaran COVID19, Produsen dan Pengantar Harus Menjamin Keamanan Pangan
Walau Tergolong Lebih Aman, Pesepeda Tetap Harus Mematuhi Protokol Kesehatan COVID19



 


Topic

#penyakitjantung, #kesehatanjantung, #newnormal, #polahidupsehat

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?