Health & Diet
Rutin Berlatih Zumba, Menjaga Jantung Tetap Sehat di Tengah Pandemi

4 Oct 2020


Foto: Pixabay


Penyakit kardiovaskular dikenal sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa lebih dari 17 juta orang di seluruh dunia telah meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini mungkin saja dapat dicegah dengan pengetahuan tentang pola hidup sehat yang tepat.

Zumba® Fitness, program latihan interval yang dibuat oleh penari dan koreografer Kolombia Alberto "Beto" Pérez, direkomendasikan oleh banyak dokter sebagai pilihan latihan alternatif karena dilihat dapat memberikan manfaat yang besar untuk jantung jika dilakukan secara teratur. Latihan Zumba menggabungkan gerakan intensitas rendah dan intensitas tinggi yang dirancang untuk meningkatkan detak jantung,  serta meningkatkan daya tahan kardio yang terasa seperti pesta dansa yang menyenangkan. Olah raga ini diklasifikasikan sebagai latihan aerobik yang direkomendasikan untuk sebagian besar orang dewasa dengan kondisi sehat. Latihan ini dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah.

“Tekanan darah dan denyut nadi akan lebih rendah bagi mereka yang aktif berolahraga karena jantung lebih efektif dalam memompa darah dan kapasitas paru-paru kita untuk menghirup udara yang dipenuhi oksigen lebih besar. Lebih banyak oksigen dan nutrisi dapat disebarkan ke seluruh tubuh sehingga energi sel tubuh kita lebih baik,” jelas Rizky Teguh Riyanto, MD, PhD, dari bidang kedokteran kardiovaskular.

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sports Science & Medicine menyebutkan bahwa mengikuti kelas Zumba secara teratur setidaknya 40 menit dalam satu sesi dapat membakar antara 300  sampai 900 kalori. Bermanfaat untuk menjaga berat badan yang sehat sekaligus menghindari faktor risiko penyakit jantung yaitu obesitas dan kolesterol tinggi.

"Penting untuk diingat bahwa Anda harus memeriksakan diri ke dokter umum sebelum memulai rutinitas olahraga baru. Begitu Anda mendapatkan lampu hijau, mulailah mempraktikkan gaya hidup yang lebih sehat dengan rutin melakukan latihan kardiovaskular seperti kelas Zumba. Ini membantu tubuh Anda  dalam membiasakan gerakan yang lebih aktif,  juga merangsang tubuh untuk bekerja lebih keras dan lebih lama dari biasanya. Seiring berjalannya waktu, seluruh tubuh kita akan beradaptasi dengan kondisi tersebut, terbiasa dan mulai merasakan manfaatnya,” ungkap Rizky. (f)


Baca Juga:
Tetap Aktif Berlari di Tengah Pandemi COVID-19
Lakukan 7 Rutinitas Ini di Pagi Hari untuk Mengurangi Cemas dan Stres
5 Kegiatan Olahraga Favorit Selama Pandemi COVID-19


Faunda Liswijayanti


Topic

#olahraga, #corona, #covid19, #newnormal, #jantung, #zumba

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?