Home Interior
Biaya Listrik Membengkak Selama Pandemi? Ini 6 Cara Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC

2 Aug 2020


Dok. Unsplash



Selama pandemi COVID-19, mungkin banyak dari kita yang harus di rumah saja, menyalakan AC untuk berbagai kebutuhan. Maklum saja, tinggal di iklim tropis membuat suhu udara selalu terasa panas. Hal ini memicu orang untuk selalu menyalakan pendingin ruangan baik di siang maupun malam hari.

Namun dampaknya, biaya listrik pun membengkak drastis yang bikin pengeluaran malah jadi lebih boros. Jika ingin melakukan penghematan biaya listrik bulanan di rumah, coba terapkan langkah berikut untuk menurunkan suhu ruang menjadi lebih sejuk.

  
1. Letakkan kipas angin di tempat yang strategis. Kipas angin lebih efektif membawa suhu sejuk ketimbang luas area.
 
2. Jika suhu luar ruang lebih sejuk dibanding suhu dalam ruang, bukalah jendela dan nyalakan beberapa kipas angin dengan posisi kepala kipas menghadap ke luar jendela. Posisi ini bisa mendorong udara panas mengalir ke luar.
 
3. Letakkan mangkuk berisi air dingin atau handuk basah di depan kipas angin yang menyala untuk meningkatkan hawa sejuk.
 
4. Dalam kamar tidur gunakan bahan kain kasur yang 100% katun karena memiliki serat natural dan ‘bernapas’. Hindari bahan polyester atau flannel yang menahan panas.
 
5. Jika udara di luar sangat panas, tutup semua jendela dan pintu untuk menahan masuknya udara panas. Letakkan pula pot tanaman di depan jendela untuk menyerap energi panas.
 
6. Matikan lampu atau alat elektronik yang mengundang panas. (f)



BACA JUGA :
Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan Di Dapur
Nyaman dengan ‘Work From Home’, Penjualan Furniture Diprediksi Meningkat
4 Cara Membersihkan Sofa di Tengah Wabah COVID-19



 


Topic

#AC, #corona, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?