Money
Kurma dan Kolang Kaling, Takjil Buka Puasa Paling Diburu di E-commerce

5 Apr 2023


Foto: Shutterstock


Berburu takjil buka puasa sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan menu buka puasa. Tokopedia mencatat makanan dan minuman menjadi salah satu kategori produk yang paling populer selama seminggu pertama Ramadhan 2023 (periode data: 23-29 Maret 2023).

“Di kategori produk Makanan dan Minuman, ada peningkatan penjualan takjil sebesar 3 kali lipat selama seminggu awal Ramadan dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

Berbagai jenis takjil mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia. Seperti kelapa muda dan es cincau yang naik hampir 2 kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023. 

“Transaksi es pisang ijo, kudapan manis khas Makassar yang terbuat dari pisang dibungkus lapisan tepung hijau, pun melonjak lebih dari 2 kali lipat,” tambah Nuraini.

Sedangkan kurma dan kolang kaling menjadi takjil yang paling banyak dicari selama Ramadan 2023. “Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa, seperti kolak pisang dan kurma, meningkat masing-masing sekitar 3,5 kali lipat, sedangkan penjualan kolang kaling–yang biasanya menjadi campuran takjil–melonjak hampir 4 kali lipat,” ungkap Nuraini.

Cimahi (Jawa Barat), Bantul (D.I. Yogyakarta), Badung (Bali), Denpasar (Bali) serta Makassar (Sulawesi Selatan) tercatat mengalami peningkatan jumlah penjual takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah penjual di 2023, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Kini sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100%-nya pelaku UMKM. Belasan juta pelaku usaha ini menjual berbagai kategori produk termasuk makanan dan minuman. Salah satunya Restu Mande yang menjual beragam makanan khas Padang, mulai dari dendeng, rendang dan masih banyak lainnya. Seminggu Ramadan, Restu Mande mencatat kenaikan transaksi hampir 2,5 kali lipat di Tokopedia. 

Cuan manis Ramadan juga dinikmati oleh Kepala Djenggot, produsen teh yang juga mengalami kenaikan transaksi hampir 2,5 kali lipat di Tokopedia.

Begitu pula dengan Deliki, salah satu UMKM makanan tanpa MSG, pengawet dan pewarna yang bergabung di Tokopedia NYAM!, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat selama seminggu awal puasa dibandingkan periode yang sama di Ramadhan tahun lalu.

“Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!” kata Nuraini. 

Selain Tokopedia NYAM!, Tokopedia juga memperkenalkan Hyperlocal yang membantu penjual makanan dan minuman menjangkau pasar yang lebih luas. 

Para pembeli di sisi lain dapat menikmati cashback, flash sale dan penawaran lain agar belanja produk makanan dan minuman makin hemat. Data Tokopedia menyebutkan Lampung Tengah (Lampung), Purwakarta (Jawa Barat), Tegal (Jawa Tengah), Batu (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) merupakan beberapa daerah dengan peningkatan jumlah pembeli takjil paling tinggi selama seminggu pertama Ramadhan 2023, dibandingkan rata-rata mingguan jumlah pembeli di 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

“Secara keseluruhan, jumlah penjual dan pembeli takjil di Tokopedia masing-masing meningkat hampir 3 kali lipat selama seminggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan rata-rata peningkatan penjual dan pembeli sepanjang 2023,” tutup Nuraini. (f) 


Baca Juga: 
Tip Ramadan agar Keluarga Sehat
Memasuki Musim Pancaroba, Perkuat Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa dengan Tip Sehat Ini
Ramadan Momen Perbaiki Pola Makan dan Hidup Sehat



Topic

#ecommerce, #puasa, #kurma, #takjil

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?