Money
Terancam PHK Karena Dampak COVID-19? Ini 4 Hal yang Perlu Anda Persiapkan

20 Aug 2020


Dok. Pexels



Di tengah pandemi COVID-19 memberikan banyak tantangan bagi kita semua. Bukan hanya soal kesehatan saja, masalah pekerjaan pun jadi taruhan. 

Bagaimana tidak? Perekonomian yang melemah drastis membuat banyak perusahaan merugi. Ujung-ujungnya, demi bertahan hidup, banyak perusahaan dengan berat hati harus melakukan perampingan karyawan, baik dengan skema dirumahkan atau langsung melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)

Menghadapi PHK memang bukan sesuatu yang mudah dilewati. Apalagi di saat seperti ini, mayoritas dari kita mengalami masalah finansial. Dengan adanya PHK, kita pun tidak lagi menerima gaji atau sumber penghasilan utama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Jika kita merasa perusahaan tengah goyah sehingga karyawan terancam di-PHK, lebih baik jika kita memiliki persiapan. Agar kondisi keuangan tetap stabil sampai dapat kerjaan baru, kontrol dengan cara berikut:
 
1. Cek tagihan bulanan
Sebisa mungkin lunasi utang yang ada dan jangan berutang lagi. Hindari pula menggunakan kartu kredit kecuali dalam keadaan darurat. Dan bila menggunakan kartu kredit, pilih yang berbunga rendah.
 
2. Potong pengeluaran yang masih bisa ditunda
Tahan diri untuk beli kopi, belanja online atau hal-hal lain yang bersifat tidak penting. Menahan diri tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting bisa membantu Anda lebih menghemat di tengah kondisi seperti saat ini. 
 
3. Gunakan transportasi umum yang murah saat bepergian
Jika Anda harus bepergian, baik untuk urusan melamar pekerjaan lain atau pribadi, pilihlah rute terdekat atau yang dekat dengan akses transportasi umum. Tentunya hal ini juga bisa membantu Anda lebih hemat ongkos dan pengeluaran untuk sementara waktu. 
 
4. Manfaatkan benefit dari (mantan) kantor
Setelah Anda di-PHK, jangan malu dan ragu untuk bertanya pada HRD apa saja yang kita dapat. Misal, bila ada asuransi kesehatan, bisa dipakai untuk  atau membuat kacamata baru sebelum kita benar-benar keluar. (f)



BACA JUGA :
Walau Gaji Pas-Pasan, Lakukan Investasi Sebelum Usia 30! Ini 4 Strateginya
4 Hal Ini yang Membuat Anda Sulit Kaya
Pandemi COVID-19 Menyebabkan Krisis Keuangan, Ini 5 Hal yang Harus Anda Lakukan



 


Topic

#corona, #newnormal, #keuangan, #PHK

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?