Tak Cuma Hummus dan Falafel, Ini 8 Sarapan Khas Palestina Lainnya

25 Feb 2024

Sarapan ala Palestina kini semarak untuk dicoba; hidangannya menonjolkan cita rasa segar, dengan tekstur dan warna yang membangunkan mata. 

Di luar hummus dan falafel yang nyaris tak pernah lepas dari menu sarapan khas Palestina (atau Timur Tengah lainnya), ada beberapa yang juga memiliki rasa universal untuk disantap di pagi hari. Ini beberapa di antaranya: 

1/ Mfarakeh: Juga terkenal di Lebanon, masakan kentang goreng ini dicampur telur. Ukuran kentangnya perlu dipotong dadu kecil agar matang saat dimasak paling awal bersama bawang. Pada tahap akhir, hidangan ini ditaburi daun ketumbar. 

 
Mfarakeh, kentang campur telur. Foto: Canva


2/ Qudseya: Tiga jenis cabai hijau dihaluskan bersama bawang putih dan minyak zaitun. Hasilnya diaduk bersama chickpeafava bean kalengan, dan dikentalkan dengan hummus

Qudseya dari tiga jenis cabai. Foto: middleeastmonitor.com

 
3/ Sage tea/Shay bil Maramiya: Daun sage kering yang diseduh bersama teh hitam. Umumnya menggunakan merek teh hitam Swan yang populer. 
 
Shay bi Maramiya atau teh daun sage.

 
4/ Roti Manaqoosheh/Manakish: Seperti pita bread yang diolesi zaatar/za'tar (campuran antara lain rempah zaatar, sumacwijen). Bisa pula ditemani keju jibneh baida (mirip keju halloumi). Bila diisi bayam bernama Fatayer. 

Di masa lalu, antar tetangga menggunakan oven komunal yang terletak di pekarangan. Oven dari batu ini disebut taboon
 
Manakish, pita bread yang kaya rempah. Foto: Canva
 

5/ Foul Mudamma/Ful Mudammas: Kacang fava yang direbus bersama minyak zaitun, air jeruk lemon, dan bawang putih. Sejarah mencatat kehadiran kacang fava sebagai bahan baku Timur Tengah sejak abad ke-4. Vegan stew ini juga terutama terkenal di Mesir.
 
Ful Mudammas, olahan kacang fava yang terkenal sebagai vegan stew. Foto: Canva
 
 
6Khaliat Nahal: Sejenis roti polos berisi cream cheese dengan hasil akhir direndam madu. Nama populernya Honeycomb Bread, mengacu ke bentuk bulat-bulat seperti sarang lebah. 
 
Khaliat Nahal, roti berisi cream cheese yang direndam madu. Foto: cherrybombe.com


7/ HilbehSejenis semolina cake, namun dengan penggunaan rempah fenugreek

Hilbeh, sejenis semolina cake. Foto: Canva, falasteenifoodie.com
 
 
8/ Galayet Bandora: Cabai hijau besar yang ditumis bersama bawang putih. Potongan tomat ditambahkan dan dimasak sambil ditekan-tekan agar hancur. Sajian ini menjadi cocolan roti. (f)
 
Galayet Bandora, menonjolkan rasa cabai hijau besar. Foto: urbanfarmandkitchen, reddit
 

Baca juga: 
Resep Fish Tajine dari Restoran Al-Nafoura
Resep Kebab Ayam Nanas
Pide Khas Turki, Pizza Bentuk Kapal yang Berempah‚Äč
 
 
 
 
 
 
 

Trifitria Nuragustina


 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?