Travel
Ini Perubahan Cara Wisatawan Rencanakan Perjalanan Setelah Pandemi

9 Jun 2020


Foto: Pexels
 
Walaupun pandemi COVID-19 belum usai, masyarakat sudah bersemangat rencanakan perjalanan. Menurut penelitian Google Consumer Surveys pada April dan Mei 2020, beberapa konsumen di Asia Pasifik menunjukkan minat untuk melakukan perjalanan domestik di masa depan.
 
Lebih dari 25% responden di Indonesia, India, Filipina, dan Vietnam menyatakan berencana melakukan perjalanan domestik dalam tiga bulan kedepan, dibandingkan responden dari negara lain seperti Australia dan Jepang dimana hanya 14% responden yang berencana melakukannya. Khusus di Indonesia, 44% responden memilih untuk melakukan perjalanan ke luar negeri pada lebih dari satu tahun dari sekarang, namun 17% responden ingin melakukan perjalanannya dalam tiga bulan ke depan.

Di sisi lain, pandemi telah memengaruhi cara seseorang dalam merencanakan perjalanan. Berdasarkan hasil penelitian, perubahan perilaku dan harapan konsumen dalam merencanakan perjalanan terjadi dalam tiga cara utama;
 
1/ Prioritaskan keamanan dan kebersihan
Keselamatan menjadi perhatian utama konsumen di seluruh dunia. Salah satu faktor penting untuk memenuhi rasa aman adalah jaminan standar kebersihan yang lebih tinggi. Di Indonesia, 24% responden yang ingin bepergian dalam tiga bulan kedepan menyebut “peningkatan standar kebersihan” dan 21% responden menyatakan “ketersediaan masker gratis/sanitizer wipes” sebagai pendorong utama untuk melakukan pemesanan hotel.

2/ Mendapatkan potongan harga dan fleksibilitas 
Ketika konsumen Indonesia mulai mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan kembali, motivasi utama untuk memesan penerbangan adalah potongan harga. Hal ini terlihat dari 28% responden di Indonesia mengatakan potongan harga penerbangan mendorong mereka untuk melakukan perjalanan. Tetapi, di samping menginginkan diskon, konsumen Indonesia juga tetap mengutamakan peningkatan standar kebersihan pada fasilitas yang digunakan. 

3/ Pertimbangan preferensi jangka pendek konsumen 
Penelitian menunjukkan jika ingin memesan perjalanan dalam tiga bulan ke depan, 34% responden di Indonesia memilih melakukan perjalanan ke kawasan Asia Pasifik. Selain itu, perjalanan domestik jarak dekat juga lebih menarik bagi 23% responden lainnya.
 
Penelitian tersebut mengungkap bahwa pandemi telah membuat konsumen Indonesia lebih mempertimbangkan kebersihan dalam merencanakan perjalanan. Krisis COVID-19 memang telah membawa pelajaran bagi kita semua untuk menjalankan hidup bersih dan sehat. Bagaimana, apakah Anda juga sudah siap merencanakan perjalanan? (f)
 
 
BACA JUGA: 
Mengukur Risiko Bepergian Dengan Ragam Moda Transportasi Di Masa Pandemi
Rayakan Hari Sepeda Sedunia, Ini 3 Rute Gowes di Indonesia untuk Berpetualang
Tamasya ke Jerman Tanpa Meninggalkan Rumah



 


Topic

#googleconsumersurveys, #asiapasifik, #newnormal, #traveling

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?