Travel
Tay Tawan Kampanyekan Kota Kelahirannya untuk Pelancong Indonesia, Malaysia, dan Singapura

4 Mar 2024

Tay Tawan berpose di depan Pavilion Shopping Centre, Kuala Lumpur, Malaysia, sebelum menggelar jumpa fans dan peluncuran kampanye "Takeover Thailand" bersama AirAsia. Foto: Dok. AirAsia 
 
Di tengah menggeliatnya perekonomian kreatif dan pariwisata di Asia, maskapai penerbangan terbesar keempat di Asia, AirAsia, mengambil momen tepat mengampanyekan salah satu destinasi wisata unggulan para pelancong Malaysia, Singapura, dan Indonesia: Bangkok, Thailand, di masa libur Tahun Baru Tionghoa (di Malaysia juga Singapura) dari tanggal 9 Februari hingga 9 Maret 2024.

Menggandeng selebritas yang juga aktor, host, sekaligus model asal Thailand, Tay Tawan yang memiliki nama asli Tay Vihokratana, maskapai asal Malaysia ini mengajak para pelancong Asia untuk mengunjungi Bangkok yang juga dikenal sebagai Land of Smile. Tay juga diangkat sebagai AirAsia's Route Presenter karena Bangkok juga merupakan tanah kelahiran sekaligus rumah bagi Tay. 

"Saya merasa kampanye ini secara alami cocok, karena saya memang berasal dari Thailand, khususnya Bangkok. Saya juga bersemangat untuk menunjukkan keindahan dan keajaiban dari Thailand pada pelancong Malaysia, Singapura dan Indonesia," ujar Tay saat konferensi pers kampanye "AirAsia: Takeover Thailand Bersama Tay Tawan" di Dadi Cinema, Pavilion Shopping Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada kesempatan itu, Tay juga menegaskan kembali komitmennya mendukung berkembangnya industri pariwisata di Asia. "Sebagai influencer, saya akan menggunakan platform saya untuk menunjukkan keindahan Thailand, khususnya dengan karya foto-foto saya," ungkap Tay. Ia dikenal sebagai content creator ternama asal Thailand dengan foto-foto estetik dan video menarik unggahannya di akun Instagram @tawan_v yang memiliki 5,8 juta followers.
 
Tay Tawan menyapa para penggemar di Pavilion Shopping Centre, Kuala Lumpur, sambil menyanyi dan berjoget bersama awak pesawat AirAsia. Foto: Dok. AirAsia

Dua Kota di Thailand Rekomendasi Tay Tawan

Sebagai selebritas kelahiran Bangkok, Tay sangat ingin berbagi informasi-informasi penting tentang Bangkok dan Thailand. Untuk itu, Tay juga berkolaborasi dengan AirAsia membuat beberapa video yang akan diunggah di akun miliknya. 

"Saya membuat beberapa video seri bersama AirAsia. Di sana, ada sesi saat saya bangun pagi hari, melihat matahari terbit, menikmati hari, menikmati makanan, menikmati bertemu orang-orang hingga saat saya menikmati matahari terbenam di Thailand. Saya ingin orang-orang menikmati hal-hal layaknya yang saya rasakan," kata Tay, yang memiliki gelar Sarjana Ilmu Kimia dari Fakultas Sains, Chulalongkom University, Thailand. 

Kepada pelancong yang bepergian ke Thailand, Tay menyarankan untuk mengunjungi dua kota yang sangat disukainya, yakni Chiang Mai dan Krabi. Kota Chiang Mai disarankan Tay karena memiliki lanskap yang indah dan terkenal sebagai pusat kerajinan tradisional Thailand. "Chiang Mai adalah rumah kedua saya. Anda bisa santai berlibur bahkan tinggal satu bulan di Chiang Mai tanpa merasa bosan. Banyak hal bisa dilakukan dan dieksplorasi di Chiang Mai," ujar Tay.

Sementara Krabi disarankan Tay karena kota tersebut adalah kota tercantik di Thailand. "Ada banyak hal yang bisa dilihat, juga ada pantai-pantai yang cantik," ujarnya.
 
Tay Tawan resmi menjadi AirAsia's Route Presenter yang akan mempromosikan rute dari Indonesia, Singapura, Malaysia ke Thailand dan sebaliknya. Foto: Dok. AirAsia

Dukung Industri Pariwisata Regional ASEAN

Salah satu alasan AirAsia mengampanyekan Thailand sebagai destinasi wisata pelancong Indonesia, Malaysia, dan Singapura karena ingin mendukung industri pariwisata regional. "Kami mendukung pemulihan industri pariwisata regional dan menghidupkan kembali hasrat untuk menjelajahi serta merasakan keajaiban Thailand bagi para pelancong dari negara tetangga. Sebagai maskapai ASEAN, kampanye ini menunjukkan komitmen AirAsia dalam memperkuat hubungan antara masyarakat dan budaya di wilayah ini," ujar Bo Lingam, Group CEO AirAsia Aviation Group. 

Selama ini, Thailand tetap menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan Asia untuk berlibur, berwisata, belajar, dan mengunjungi teman serta keluarga. Pada tahun 2023 saja, AirAsia telah mengangkut lebih dari 300 ribu penumpang untuk rute Indonesia-Thailand, dan diestimasi akan meningkat lagi pada tahun 2024.

Bukan hanya para pelancong Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang menjadi lebih mudah melancong ke Thailand; menurut Bo, kesempatan yang sama juga sangat terbuka bagi wisatawan Thailand yang ingin ke tiga tujuan tersebut.

"Kami harap, ini dapat merangsang permintaan perjalanan dua arah dan turut berkontribusi pada pemulihan ekonomi. Kami menghubungkan jutaan tamu antara Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Thailand melalui kampanye ini dengan penawaran tarif yang sangat berharga," kata Bo sambil menambahkan bahwa dukungan AirAsia juga termasuk fasilitas tarif istimewa untuk rute dari Thailand ke tiga tujuan dan sebaliknya.


Baca juga:
4 Gaya Dian Sastrowardoyo Mempromosikan Ratu Adil
5 Pilihan Staycation Saat 17 Agustus-an
Ada Chef Patrizia Battolu di Balik Brunch yang Semarak di Sofitel Bali

Laili Damayanti


Topic

#taytawan, #airasia, #wisatabangkok, #thailand

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?