Trending Topic
Bepergian Keluar Kota dengan Transportasi Umum di Masa New Normal, Ada Syaratnya

9 Jun 2020


Pembukaan sektor ekonomi di beberapa wilayah berimplikasi terhadap peningkatan aktivitas perjalanan orang dalam masa pandemi. Menyikapi tahapan tersebut, Gugus Tugas Nasional mengeluarkan surat edaran baru pada 6 Juni 2020. 

Surat Edaran nomor 7 Tahun 2020 tersebut mengatur tentang kriteria dan persyarakatan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19.

Tujuan utamanya tak lain untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru sehingga tercipta kehidupan aman dan produktif dan meningkatkan pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Dalam surat edaran tersebut, perjalanan memiliki definisi pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain berdasarkan batas wilayah administrasi provinsi, kabupaten dan kota, dan kedatangan orang dari luar negeri memasuki wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Surat edaran ini menetapkan empat kriteria dan syarat-syarat dalam melakukan perjalanan di dalam negeri menggunakan transportasi umum darat, keretaapi, laut dan udara. Pertama, menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. 

Kedua, setiap orang yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum, darat, keretaapi, laut dan udara, harus memenuhi persyaratan menunjukkan KTP, surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif berlaku 7 hari pada saat keberangkatan atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil nonreaktif berlaku 3 hari pada saat keberangkatan atau menunjukkan surat bebas gejala seperti influensa yang dikeluarkan oleh RS atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki test PCR atau Rapid Test. 

Ketiga, persyaratan perjalanan orang dalam negeri ini dikecualikan untuk perjalanan orang komuter dan perjalanan orang di dalam wilayah atau kawasan aglomerasi. 

Keempat, mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat ponsel. (f)


Baca Juga: 
Bersiap Kembali Masuk Kantor, Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Di Tempat Kerja dan Perjalanan Agar Terhindar dari COVID-19
Mengukur Risiko Bepergian Dengan Ragam Moda Transportasi Di Masa Pandemi
Apa yang Dimaksud dengan New Normal di Lingkungan Kerja?

 

Faunda Liswijayanti


Topic

#covid19, #corona, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?