Trending Topic
Berencana Nonton di Bioskop Pekan Ini? Begini Protokol Kesehatan Cegah COVID-19

30 Oct 2020


Foto: Dok. Satgas COVID-19


Sejak awal Oktober ini, beberapa bioskop di kota besar termasuk Jakarta mulai kembali beraktivitas, tentunya dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Hal ini wajib dilakukan mengingat situasi pandemi COVID-19 belum mereda.

Dilansir dari laman resmi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), rencana pembukaan kembali bioskop telah dilakukan dan dikaji oleh Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Menurut Prof Wiku Adisasmito, Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Satgas telah melakukan kajian selama beberapa minggu terakhir terhadap kemungkinan pembukaan bioskop dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujar Prof. Wiku.

Jika Anda berencana untuk nonton di bioskop untuk mengisi libur panjang pekan ini, berikut protokol kesehatan di bioskop yang perlu Anda ketahui: 

1. Pastikan untuk selalu menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan pengunjung lain, misalnya saat mengantre masuk dan keluar bioskop, sehingga tidak ada kontak dengan pengunjung lain.

2. Pengunjung bioskop usia rentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Bagi anak-anak, lansia, serta orang dengan komorbid, disarankan untuk tidak menonton di bioskop karena memiliki risiko tinggi penularan COVID-19.

3. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat, tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat Celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, bersin, atau sesak napas.

4. Pesan tiket secara daring. Selain meminimalisir kontak dengan petugas, juga mempermudah dalam pengecekan data untuk keperluan tracing apabila ditemukan kasus di kemudian hari.

5. Selalu kenakan masker selama berada di lingkungan bioskop. Pilih masker dengan filtrasi setara atau lebih baik dari masker bedah.

6. Kursi berjarak saat menonton untuk menghindari kontak dengan pengunjung dan petugas.

7. Selama menonton, dilarang makan dan minum.

8. Durasi menonton film tidak lebih dari 2 jam. Segera kembali ke rumah usai menonton, jangan menghabiskan waktu terlalu lama di bioskop.

Dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Jangan kendor disiplin 3M karena ini kunci sehat ketika kita berativitas di luar rumah selama pandemi belum berakhir. (f)


Baca Juga: 
6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memutuskan Berlibur Saat Pandemi
Diimbau Tetap Di Rumah, Staycation Pilihan Terbaik Isi Libur Panjang Pekan Ini
Sambut Libur Panjang Pekan Depan, Masyarakat Diminta Kurangi Mobilitas


Faunda Liswijayanti


Topic

#IngatPesanIbu, #3M, #satgas, #covid19, #corona, #bioskop, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?