Trending Topic
Jangan Anggap Sepele! Kasus Konfirmasi Positif COVID-19 Sudah Tembus Angka 102.000

29 Jul 2020


Foto: Pexels

 
Penularan virus SARS-CoV-2 masih terjadi di tengah masyarakat. Jumlah konfirmasi positif di Indonesia mencapai angka 102.051 hingga tanggal 28 juli 2020. Sementara, 4.901 di antaranya meninggal, 36.611 dalam perawatan, dan 60.539 sembuh.

Namun, sebagian orang malah menganggap penyebaran virus SARS-CoV-2 sebagai sebuah konspirasi.

"Seperti yang kita lihat bersama, kasusnya semakin lama semakin meningkat, tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia, dan sudah banyak korban yang berjatuhan, banyak tenaga kesehatan yang gugur, bukan hanya di Indonesia tapi juga di tempat lain di dunia," ujar Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Ia mengimbau masyakarat untuk tidak lengah. Kondisi saat ini dibuktikan dengan data yang nyata dan dihadapi hampir seluruh negara di dunia. "Jadi, bukan berupa konspirasi. Kami mohon agar semua pihak melihat apa yang terjadi di angka yang ada di seluruh dunia, dan kita betul-betul menjaga keamanan dan keselamatan anggota keluarga kita semuanya," tuturnya.

Wiku berpesan kepada setiap individu untuk memberikan pesan yang baik kepada publik. Ia berharap siapa pun yang berperan sebagai figur publik dapat menjaga dan menyampaikan pesan pada masyarakat berdasarkan data, informasi yang benar, dan dari sumber terpercaya.

"Silakan bertanya kepada para pakar agar informasinya bisa disampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa mengikutinya dengan baik," lanjut Wiku.

Ia menekankan informasi yang disampaikan kepada masyarakat diharapkan tidak memberikan bencana, tetapi manfaat kepada masyarakat yang mendengar. "Ini menjadi tugas kita bersama untuk bersatu melawan COVID-19 agar bangsa kita bisa selamat," ungkapnya.

Terkait penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 harian, satgas mencatat kasus baru per tanggal 28 Juli berjumlah 1.748 orang. Jumlah tertinggi teridentifikasi di DKI Jakarta dengan penambahan 409 kasus, Provinsi Jawa Timur 313 kasus, Jawa Tengah 185 kasus, Sulawesi Selatan 132 kasus, dan Jawa Barat 128 kasus.(f)


 
BACA JUGA:
Jangan Buang Sembarangan Masker dan Sarung Tangan Bekas, Limbah Ini Perlu Penanganan Khusus
Milenial, Generasi Paling Tidak Optimis Pada Kondisi Ekonomi Dalam Krisis COVID-19
Mendikbud, Nadiem Makarim, Wacanakan Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Usai COVID-19. Setujukah Anda?

 
 

 


Topic

#newnormal, #corona

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?