Trending Topic
Dinilai Paling Aman, Mobil Pribadi Diprediksi Lebih Diminati di Masa New Normal

14 Jul 2020


Foto: Pexels

 
Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada perekonomian, termasuk pada industri otomotif. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan sejak Maret lalu telah membuat mobilitas masyarakat berkurang. Dampaknya, banyak yang menunda pembelian mobil.

Djap Tet Fa, CEO PT. Astra Internasional mengakui penjualan otomotif turun signifikan di bulan April dan Mei. Namun, seiring relaksasi PSBB secara bertahap, sudah ada peningkatan penjualan sejak bulan Juni jika dibandingkan Mei.

Di samping itu, Tet Fa memprediksi mobil pribadi justru akan lebih diminati setelah pandemi COVID-19 karena alasan keamanan dan kesehatan. Aktivitas masyarakat yang sudah mulai berjalan seperti sedia kala, membuat mobilitas meningkat. Di sisi lain, krisis COVID-19 yang belum usai membuat orang-orang lebih mempedulikan kesehatan. Mobil akan jadi pilihan transportasi yang diminati.

“Paling tidak dalam satu hingga dua tahun ke depan, orang lebih percaya kendaraan pribadi dibandingkan sarana transportasi publik,” jelasnya dalam konferensi Indonesia Business Forum 2020 yang digelar secara daring.

Tet Fa meyakini, banyak orang yang akan beralih mengendarai mobil pribadi di masa new normal.

“Kita lakukan survei internal, yang terjadi adalah karena adanya kebutuhan konsumen untuk peduli pada kesehatan, peduli pada keselamatan, peduli faktor higienis, sebanyak 83 persen konsumen mengatakan bahwa mereka akan membeli mobil setelah COVID-19, baik mobil bekas atau mobil baru,” ujarnya.

Bahkan, menurut Tet Fa, untuk masyarakat kelas menengah atas yang telah memiliki mobil, mereka mungkin akan membeli mobil lagi untuk dikendarai oleh keluarganya demi alasan kesehatan dan kebersihan.

Yuswohady, pengamat pemasaran dan inventure mengungkapkan setelah lockdown di Cina usai, terjadi peningkatan penjualan mobil di negeri tirai bambu tersebut. Dikutip dari Reuters, penjualan mobil secara keseluruhan di Cina pada Mei 2020 justru naik 1,9% dari tahun sebelumnya. Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) melaporkan, penjualan mobil pada Mei 2020 tercatat sebanyak 1,61 juta unit.

“Karena saat ini transportasi paling aman di masa pandemi bukan ojek, taksi, atau MRT. Yang paling aman adalah mobil pribadi,” ujarnya.(f)
 



BACA JUGA:
Milenial, Generasi Paling Tidak Optimis Pada Kondisi Ekonomi Dalam Krisis COVID-19
Bisnis Berdampak Sosial Lebih Disukai, Ini Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
Mendikbud, Nadiem Makarim, Wacanakan Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Usai COVID-19. Setujukah Anda?

 


 


Topic

#corona, #newnormal, #mobil, #mobilpribadi

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?