Trending Topic
Face Shield Tidak Efektif Menangkal COVID-19 Tanpa Masker

13 Jul 2020


Foto: Unsplash

 
Seiring dengan pemberlakuan protokol kesehatan di masa new normal, mengenakan masker saat bepergian mulai menjadi kebiasaan banyak orang. Tidak hanya masker, face shield atau topeng wajah transparan banyak digunakan. Tak jarang, kita melihat orang hanya mengenakan face shield, tanpa mengenakan masker.

Namun, menurut Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 menegaskan bahwa penggunaan face shield tanpa masker tidak dapat memberi perlindungan maksimal terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Menggunakan face shield saja tanpa masker, tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal,” ujarnya.

Yuri juga menekankan pada dasarnya penggunaan face shield hanya sebatas mampu melindungi penggunanya dari droplet yang besar. Face shield tidak menjamin pencegahan terhirupnya partikel micro droplet ke dalam mulut atau hidung. Sebab, partikel micro droplet dapat berada di udara dalam waktu yang relatif lama dan berpotensi terhirup secara tidak sengaja.

Micro droplet ini, ukurannya lebih kecil dan bisa berada di udara untuk waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, penggunaan masker mutlak harus dilakukan, harus dikerjakan. Bukan face shield. Karena, kita tahu pada micro droplet, dia akan mengambang di udara,” tutur Yuri.

Seperti informasi yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu, micro droplet yang mengandung virus SARS-CoV2 bisa menyebar melalui udara, terutama dalam ruangan yang padat dan dengan sirkulasi udara buruk

Karena itu, face shield seharusnya digunakan sebagai tambahan penggunaan masker. "Kita tidak boleh hanya mengandalkan penggunaan face shield saja. Gunakan masker. Ini yang penting,” kata Yuri.

Sebagai informasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah mengumumkan bahwa penambahan data kasus COVID-19 per hari Minggu kemarin adalah sebanyak 1.681 orang yang terkonfirmasi positif, sehingga akumulasinya menjadi 75.699. Sebanyak 3.606 di antaranya meninggal dan 35.638 sembuh.(f)
 



BACA JUGA:
239 Ilmuwan Temukan Bukti Penularan COVID-19 Melalui Udara
147 Calon Vaksin COVID-19 Sedang Dikembangkan, 18 Di Antaranya Masuk Uji Klinis
Milenial, Generasi Paling Tidak Optimis Pada Kondisi Ekonomi Dalam Krisis COVID-19



 


Topic

#corona, #newnormal, #faceshield, #masker

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?