Trending Topic
Ini Peran Peneliti Wanita dalam Menemukan Vaksin COVID-19

29 Jul 2020


Dok. LÓreal Indonesia



Mengatasi masalah pandemi global COVID-19, sejumlah negara berbondong-bondong berusaha menemukan vaksin secepat mungkin. Pasalnya memang, virus SARS-CoV-2 ini makin menunjukkan dampak yang parah bagi kehidupan masyarakat dunia.

Begitu juga di Indonesia, yang mana sejumlah pihak melakukan penelitian demi bisa mendapatkan vaksin COVID-19 sesegera mungkin. Dalam prosesnya, peneliti wanita memiliki peran yang penting dalam menemukan vaksin ini di tengah dominasi peneliti pria di bidang ini. 

Seperti yang disampaikan oleh Prof. Herawati Sudoyo, PhD, ilmuwan bidang biologi molekuler yang juga merupakan salah satu pendiri LBM Eijkman Indonesia. 

“Wanita memiliki bagian yang penting dalam dunia sains dan riset. Karena riset merupakan fondasi untuk melakukan inovasi," ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa riset genome sequencing SARS-CoV-2 yang didukung oleh LÓreal Indonesia ini menjadi penelitian dasar untuk mengenal karakteristik spesifik virus yang ada di Indonesia. Selanjutnya hasil dari genome sequencing ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai riset lanjutan, misalnya riset tentang evolusi dan penyebaran virus SARS-CoV-2, pengembangan vaksin, maupun obat antivirus.

Salah satu peneliti wanita lainnya yang juga terlibat dalam penelitian ini adalah Frilasita Aisyah Yudhaputri MbiomedSc, koordinator proyek Emerging Virus Research Unit (EVRU) LBM Eijkman Indonesia, yang meneliti tentang whole genome sequencing SARS-CoV-2.

"Sejumlah 100 spesimen klinis yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 dari seluruh Indonesia berdasarkan metode real-time reverse transcription-polymerase chain reactions akan dipilih untuk dilakukan karakterisasi genom lengkap SARS-CoV-2. Dua tujuan utama yang menjadi inspirasi kami serta kami harapkan dapat bermanfaat, tidak hanya bagi kalangan peneliti, namun juga di dunia adalah untuk mengidentifikasi dan mengkarakterisasi genom lengkap (WGS) SARS-CoV-2 dari spesimen klinis COVID-19 seluruh Indonesia dengan menggunakan Platform Next Generation Sequencing serta membagi protokol standar WGS COVID-19 sebagai bentuk dukungan untuk penelitian di Indonesia,”

Menariknya, Frisalita tak sendirian. Wanita yang memimpin proyek penelitian ini sejak Mei 2020 lalu ditemani enak rekan yang mayoritas wanita untuk memetakan whole genome sequencing dari virus SARS-CoV-1 yang ada di Indonesia sejak awal kemunculan. Pemetaan ini pun menjadi sangat penting sebagai landasan riset lanjutan, seperti pembuatan vaksin dan diagnosis. (f)



BACA JUGA :
Menteri Kesehatan Tetapkan Beberapa Istilah Baru Terkait COVID-19
Virus Corona Dapat Menyebar Melalui Udara, Ini 5 Cara Kurangi Risiko Transmisi COVID-19 dalam Ruangan Ber-AC
Cara Belanja Aman di Pasar Tradisional



 


Topic

#corona, #newnormal, #vaksin, #penelitiwanita

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?