Trending Topic
Mall Kembali Beroperasi, Ini Protokol Kesehatan Saat Akan Berkunjung

16 Jun 2020


Foto: Instagram @senayancity
 

Guna menghidupkan kembali roda perekonomian, pusat perbelanjaan atau mall di DKI Jakarta kembali dibuka mulai 15 Juni. Tak kurang dari 80 mall kembali beroperasi di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.

Pembukaan mall tentunya disertai protokol kesehatan yang diterapkan oleh para pengelola demi mencegah penyebaran COVID-19. “Mall di DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan, seperti menyediakan wastafel, sabun cuci tangan, hand sanitizer, peraturan wajib memakai masker bagi yang memasuki mall, pengukuran suhu tubuh, pembatasan jumlah pengunjung, serta melakukan aturan physical distancing dalam mall,” ujar Ellen Hidayat, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Salah satu mall yang kembali dibuka adalah Senayan City. Pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan Senayan, Jakarta Selatan ini menerapkan sejumlah protokol dalam menyambut normal baru. Untuk dapat masuk ke dalam mall, pengunjung harus mengenakan masker terlebih dahulu. “Kalau tidak pakai masker akan dilarang masuk, karena security kita sudah di-brief untuk melarang masuk orang yang tidak pakai masker,” tutur Jaclyn Halim, Marketing Communication General Manager Senayan City dalam detik.com.

Begitu memasuki mall, pengunjung wajib melewati area intensive temperature screening untuk mengetahui suhu tubuh pengunjung secara cepat dan efisien. Tak ketinggalan, sejumlah area dalam mall sudah dipasang tanda untuk menjaga jarak antar pengunjung, seperti di antrean kasir, eskalator, lift, hingga kursi dan meja food court. Demi menjaga kebersihan tangan pengunjung, lift dilengkapi dengan sensor tanpa sentuh dan hand sanitizer tersedia di sejumlah titik.

“Itu sesuai dengan kewajiban protokol pencegahan COVID-19 dari Kementrian Kesehatan dan sejalan dengan Peraturan Gubernur No 51 tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB pada masa transisi menuju masyarakat sehat, aman dan produktif,” jelas Jaclyn. Ia menambahkan, demi memberi rasa aman dan nyaman pada para pengunjung, pihaknya telah meningkatkan frekuensi pembersihan pada area yang rawan kontak fisik seperti pegangan eskalator dan tombol lift.

Hal serupa juga telah diterapkan di Mall Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan. Selain wajib mengenakan masker, petugas juga mengecek suhu tubuh pengunjung dengan termo gun sebelum memasuki area mall. Di dalam mall disiapkan perangkat tanpa sentuh, mulai dari tombol lift hingga hand sanitizer otomatis. Para petugas dan penjaga toko mengenakan masker dan face shield. Area food court juga telah dilengkapi tanda silang di sejumlah kursi untuk menjaga jarak dan garis pembatas untuk antrean pesanan makanan.

 


Topic

#PSBBtransisi, #PSBB, #newnormal, #malljakarta

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?