Trending Topic
Masih Bandel Tidak Pakai Masker di Tempat Umum? Siap-Siap dengan Sanksi Ini

17 Sep 2020


Dok. Rawpixel



Di tengah kondisi makin bertambahnya jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 yang menembus angka 200 ribu, masih saja ada yang tidak mengenakan masker di tempat umum dengan berbagai alasan. Padahal mengenakan masker dapat membantu mengurangi risiko terpapar virus corona yang masih menghantui kita hingga saat ini.

Mengatasi warga yang masih bandel tidak mengenakan masker, pemerintah memperketat kebijakan. Yaitu :

1. Denda
Beberapa daerah sudah menerapkan sanksi denda bagi mereka yang tidak mengenakan masker. Misalnya, pelanggar akan dikenakan denda Rp 100 ribu di Bantul, Rp 150 ribu di Gresik, Rp 250 ribu di Banjarbaru dan Banjarmasin.

Sementara itu belakangan ini, Pergub Jakarta meningkatkan jumlah denda progresif berulang bagi pelanggar yaitu sebesar Rp 1 juta. 

2. Gali Kuburan Korban COVID-19
Awal September lalu, ramai dikabarkan bahwa pelanggar aturan pengenaan masker dikenakan hukuman yang terbilang nyeleneh. Yaitu sekitar delapan pelanggar aturan masker, dihukum untuk menggali kuburan untuk korban COVID-19 di Gresik

"Tindakan yang kami lakukan ini sebagai upaya untuk lebih mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah," tutur Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

3. Kegiatan Sosial Lainnya
Tidak hanya membayar denda atau menggali kuburan korban COVID-19, bagi pelanggar aturan mengenakan masker juga akan dikenakan hukuman untuk melakukan kegiatan sosial lainnya. Ada yang dikenakan hukuman untuk menyapu jalan hingga membersihkan selokan. 

Hingga saat ini, Indonesia masih menunjukkan adanya peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19. Per 16 September 2020, kasus terkonfirmasi mencapai 228.993 kasus dengan penambahan hingga 3.963 dari hari sebelumnya. 

Dengan terus bertambahnya kasus terkonfirmasi ini, seharusnya bisa menyadarkan kita untuk lebih patuh terhadap protokol kesehatan. Dapat dimulai dengan cara paling sederhana, yaitu selalu mengenakan masker di tempat umum. (f)



BACA JUGA :
Burnout Syndrome Hantui Tenaga Medis Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19
Dampak Pandemi COVID-19, Timbunan Sampah Naik Hingga 70%
WHO : Pandemi COVID-19 Diperkirakan Akan Berakhir dalam Waktu 2 Tahun





Topic

#masker, #corona, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?