Trending Topic
Mencari Peluang Ekspor untuk UKM di Tengah Pandemi COVID-19

20 Jul 2020


Dok. Pexels



Tak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 masih terus membayangi dunia usaha. Banyak yang masih berjuang bangkit, setelah beberapa bulan melewati masa sulit karena omset yang menurun drastis atau bahkan harus rela menutup usahanya sementara. 

Kendati demikian, ini bukan akhir dari segalanya. Bagi UKM yang sudah naik kelas dengan menjajaki ranah ekspor, masa sulit ini adalah masanya belajar hal baru. Bagaimana bersiap dari segi kualitas produk dan tujuan ekspor, agar kelak ketika ekspor siap dilakukan, para pelaku usaha ini sudah siap.

Namun, apakah masih ada peluang manis bagi para pelaku usaha untuk melakukan ekspor di tengah pandemi ini?

Sebuah temuan menarik disampaikan oleh Kementerian Perdagangan RI yang mengatakan bahwa produk makanan dan minuman jadi salah satu sektor yang bisa bergerak positif selama pandemi COVID-19. Seperti disampaikan oleh Kasan Muhri, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), bahwa peningkatan nilai ekspor pangan olahan Indonesia sebesar 7,9 persen pada periode Januari–April 2020 atau sebesar US$1,33 miliar.

Sementara itu, ada beberapa sektor yang mengalami penurunan ekspor karena rantai pasok global yang terganggu. Adapun beberapa sektor yang terkendala selama pandemi adalah otomotif dan TPT (tekstil dan produk tekstil). 

Lantas, strategi apa yang perlu dilakukan para UKM demi menemukan peluang ekspor di tengah pandemi COVID-19 ini? 

Ikuti virtual talkshow Wanita Wirausaha Femina bersama Facebook #SheMeansBusiness bertajuk Peluang Ekspor untuk UKM pada Selasa, 21 Juli 2020 jam 4 sore di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Virtual talkshow ini akan menghadirkan Ari Satria, S.E, MA, (Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan RI), Annisa Pratiwi (Founder Ladang Lima) dan Ni Kadek Eka Citrawati (Founder Bali Alus).



BACA JUGA :
Memiliki Beragam Fitur Unggulan, Gunakan Halaman Bisnis Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis
Ini Karakteristik yang Dibutuhkan Para Pebisnis dalam Menghadapi Masa Sulit
Bisnis Berdampak Sosial Lebih Disukai, Ini Manfaatnya Bagi Bisnis Anda



 


Topic

#ekspor, #wanwir, #corona, #newnormal, #facebook

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?