Trending Topic
Pandemi COVID-19 Membuka Peluang untuk UKM Bersaing dengan Produk Internasional

11 Aug 2020


Dok. Shutterstock




Pandemi COVID-19 memukul hampir semua aspek kehidupan manusia, kendati demikian kondisi ini menunjukkan peluang bagi wirausaha lokal untuk bisa mengembangkan usaha mereka dan bersaing dengan produk-produk impor. Pasalnya, pandemi membuat aliran perdagangan internasional melambat, masyarakat jadi terdorong membeli produk-produk lokal dengan berbagai macam alasan termasuk kepedulian demi mendukung perekonomian dalam negeri.

Menurut data dari perusahaan riset Kantar, pandemi COVID-19 telah mendorong terjadinya lonjakan
‘localism’ di seluruh dunia. Yaitu, dua pertiga konsumen sekarang (65%) lebih memilih membeli barang dan jasa dari negara mereka sendiri. 

Temuan ini juga sejalan dengan hasil riset Accenture Global yang menemukan bahwa kecenderungan masyarakat terhadap kebersihan, kesehatan, memenuhi kebutuhan dasar dan dukungan terhadap lingkungan yang lebih dekat, mendorong mereka untuk lebih ‘
buy local’. Dari data tersebut ditemukan bahwa 46% konsumen (April 2020) akan berbelanja di toko-toko di lingkungan terdekat mereka, bertumbuh 2% dari sebulan sebelumnya (Maret 2020). 

Ini pun menjadi peluang manis untuk UKM mengembangkan bisnisnya dan bersaing dengan produk-produk internasional. Termasuk para UKM naik kelas yang biasanya berorientasi pada ekspor ke luar Indonesia. 

Untuk membaca potensi pasar dalam negeri yang bisa menguntungkan UKM, Facebook #SheMeansBusiness dan Wanita Wirausaha Femina menggelar talkshow virtual dengan judul Buy Local yang disiarkan secara Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina dan Femina Media pada Selasa, 4 Agustus 2020 lalu. 

Talkshow kolaborasi ini menghadirkan
Ari Satria, S.E, MA (Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan RI), Feny Mustafa (Founder Shafira, Zoya Fashion dan Zoya Cosmetics) dan Nilamsari (Founder & CEO Kebab Turki Baba Rafi). 

Seperti yang disampaikan oleh Ari Satria, bahwa sekarang setiap negara sudah
inward looking, yang mana tiap negara berusaha mengamankan pasar dalam negeri mereka dan berusaha memenuhi kebutuhan dalam negeri dari produk-produk lokal. 

Namun sayangnya, menurut Ari Satria, selama ini masih banyak orang yang memikirkan bahwa pasar luar negeri selalu lebih menguntungkan dibandingkan pasar di dalam negeri. Padahal, tidak selalu demikian.

“Kadang teman-teman UKM hanya memikirkan untuk ekspor, padahal potensi di dalam negeri kita ini banyak sekali yang bisa kita gali. Mereka lupa bahwa begitu banyak konsumen yang bisa dimanfaatkan di dalam negeri ini,” jelasnya. 

Hanya saja, Ari mengingatkan, bahwa jika ingin memanfaatkan peluang bisnis manis bagi UKM di pasar dalam negeri, jangan lupa untuk mengembangkan bisnis sama baiknya jika ingin mengekspansi ke luar negeri. 

“Untuk meningkatkan bisnisnya, harus bisa menguatkan kualitas produknya. Pengembangan kualitas ini harus dipikirkan
time to time. Kualitas produk kita harus bisa berkompetisi, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” paparnya mengingatkan.

Ada satu hal lagi yang tak boleh terlewatkan dalam memanfaatkan peluang bisnis yang baik di dalam negeri agar bisa berkompetisi dengan produk-produk internasional. Kembali ditekankan oleh Ari bahwa UKM
go digital adalah sebuah keniscayaan.

“Saya yakin,
after COVID-19 pun yang namanya digitalisasi ini akan menjadi suatu tren yang terus melaju dan itu mau tidak mau harus dipelajari oleh UKM,” imbuhnya lagi.

Untuk diketahui, Buy Local adalah virtual talk kolaborasi kelima antara #SheMeansBusiness Facebook dan Wanita Wirausaha Femina. Sebelumnya, virtual talk mengangkat tema Peluang Ekspor untuk UKM* yang membahas tentang dampak pandemi COVID-19 terhadap peluang ekspor untuk UKM. (*Semua tayangan live talkshow bisa diakses di galeri video Facebook Pages Wanita Wirausaha Femina).

Sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan #SheMeansBusiness Facebook menggelar
workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Tahun ini, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina. 

Diharapkan melalui berbagai
talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 

Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di
Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:

1. Klik link di sini.
 
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina




BACA JUGA :
Mencari Peluang Ekspor untuk UKM di Tengah Pandemi COVID-19
Memiliki Beragam Fitur Unggulan, Gunakan Halaman Bisnis Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis
Ini Karakteristik yang Dibutuhkan Para Pebisnis dalam Menghadapi Masa Sulit


 


Topic

#UKM, #wanwir, #mahirdigital, #facebook, #corona, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?