Trending Topic
Sejumlah Taman Rekreasi di Jakarta Dibuka, Ini Protokol Kesehatan Baru yang Harus Dilakukan

22 Jun 2020



Dok. Unsplash



Dengan dilonggarkannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah fasilitas umum dibuka kembali. Tak terkecuali taman rekreasi yang juga kembali beroperasi setelah lebih dari tiga bulan ditutup. Yaitu Taman Impian Jaya Ancol dan Kebun Binatang Ragunan yang jadi beberapa taman rekreasi pertama yang mulai beroperasi sejak Sabtu lalu (20/6). 

Tak sekadar membuka pintunya untuk masyarakat, taman rekreasi ini harus menetapkan protokol kesehatan baru demi meminimalisir penyebaran virus corona yang masih ada di antara kita. Misalnya Ancol yang menggunakan istilah Senang Selamat Bareng-Bareng sebagai protokol kesehatan yang harus diikuti oleh para pengunjungnya. 

Manajemen akan memeriksakan suhu di gerbang masuk Ancol bagi para pengunjung. Mereka yang memiliki suhu di atas 37,5 tidak diperkenan untuk masuk ke kawasan taman rekreasi yang ada di Jakarta Utara ini. Termasuk, menetapkan batasan usia pengunjung di bawah usia 5 tahun dan di atas usia 50 tahun, serta wanita hamil untuk tidak diperbolehkan masuk.

Para pengunjung juga diharuskan mengenakan masker, menerapkan jaga jarak setidaknya dua meter dengan pengunjung lain dan membawa alat makan serta ibadah sendiri. 

Tak jauh berbeda, Kebun Binatang Ragunan juga makin ketat menetapkan protokol kesehatan. Selain aturan dasar seperti pemeriksaan suhu, penggunaan masker dan jaga jarak minimal 2 meter, pengunjung juga harus memberikan identitas diri seperti KTP atau SIM di pintu masuk taman rekreasi ini. 

Langkah lain yang dilakukan oleh Ancol maupun Kebun Binatang Ragunan dalam meminimalisir penyebaran virus corona ini juga dengan hanya menjual tiket masuk secara online. Pengunjung tak bisa lagi membeli tiket di tempat untuk bisa masuk ke dalam area wisata. Di sisi lain, masing-masing manajemen juga memperbanyak  tambahan wastafel untuk mencuci tangan dan menyediakan hand sanitizer di beberapa titik tempat. (f)



BACA JUGA :
Organisasi Keagamaan Dukung Kebijakan Pemerintah Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru
Mall Kembali Beroperasi, Ini Protokol Kesehatan Saat Akan Berkunjung
Jawaban Mendikbud Nadiem Makarim Seputar Sekolah Selama Pandemi COVID-19



 


Topic

#corona, #newnormal

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?