BizNews
Langkah Bluebird Dukung Lingkungan yang Bersih Bebas Emisi Karbon

7 Feb 2024


Foto: Dok. Bluebird


Isu keberlanjutan menjadi semakin penting dalam dunia bisnis. Seiring dengan meningkatnya kekhawatiran tentang perubahan iklim, masalah sosial dan tata kelola perusahaan yang buruk. Selain itu sejak tahun 2015, Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tiga fokus dimensi keberlanjutan dalam SDG’s 2023 yaitu sosial, ekonomi, dan lingkungan. Hal ini semakin mendorong pengembangan dan penerapan praktik keberlanjutan pada banyak perusahaan di Indonesia. 

Salah satunya Bluebird yang telah meluncurkan Visi Berkelanjutan 50:30 sejak tahun 2022. Visi 50 : 30 merupakan komitmen Bluebird mengurangi hingga 50% emisi karbon dan limbah operasional pada tahun 2030. Walaupun baru dicanangkan 2 tahun lalu, inisiatif inisiatif keberlanjutan sudah dimulai Bluebird jauh sebelum itu. 

Dalam acara media gathering bertajuk Sustainability Progress and Outlook yang berlangsung Kamis (25/2/2023) lalu, Direktur Utama PT Bluebird Tbk, Adrianto Djokosoetono, mengatakan “Sejak didirikan tahun 1972, Bluebird telah memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Nilai ini yang melandasi kami meluncurkan Visi Keberlanjutan 50:30 dua tahun lalu.”

Dalam upaya mencapai visi tersebut, berbagai inisiatif dilakukan melalui tiga pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps. BlueSky adalah komitmen terhadap lingkungan, BlueLife merupakan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, dan BlueCorps yang menjadi komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

Untuk pilar BlueSky, hingga saat ini Bluebird telah mengoperasikan lebih dari 200 armada taksi listrik, 3.200 armada CNG, serta menggunakan panel surya sebagai alternatif energi bersih. Hasilnya, selama tahun 2023 penggunaan armada listrik telah berhasil mengurangi hingga 2.600 ton emisi karbon, armada CNG mengurangi hingga 24.800 ton emisi karbon, dan panel surya mengurangi hingga sebanyak 48,3 ton emisi karbon. 

Selain itu, Bluebird juga mengimplementasikan program 3R (reduce, reuse, recycle) dimana pengemudi dan karyawan wajib menggunakan botol minum isi ulang dengan proyeksi pengurangan sampah plastik sekali pakai hingga 1 juta ton selama tahun 2023.

Sedangkan untuk pilar BlueLife, Bluebird telah membantu meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada lebih dari 38.000 anak pengemudi berprestasi dan memberdayakan lebih dari 1.000 istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird yang membuka kelas memasak, menjahit, dan make up dengan tujuan memberikan kemampuan tambahan untuk membantu kesejahteraan keluarga. 

Selain itu, Bluebird juga terus meningkatkan rasio pengemudi dan karyawan perempuan hingga lebih dari 500 orang, serta menggandeng pengusaha taksi lokal di Bandung dan Yogyakarta dengan mengoperasikan lebih dari 100 armada agar bisa bangkit dan terus tumbuh.

Sementara untuk pilar BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang baik melalui transparansi dan akuntabilitas, Bluebird juga selalu meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A. Komitmen Bluebird tersebut mendapatkan pengakuan publik melalui penghargaan yang diterima dari berbagai organisasi terpercaya. Di tahun 2023, Bluebird meraih banyak penghargaan seperti perusahaan dengan transformasi bisnis terbaik, perusahaan yang mengembangkan dan mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik, serta perusahaan yang memiliki ekosistem dan inovasi digital.

Dan sejak tahun lalu, Bluebird menjadi salah satu perusahaan nasional yang berinvestasi di Nusantara, Ibu Kota baru, untuk menghadirkan transportasi ramah lingkungan sebagai solusi mobilitas warga IKN yang ramah lingkungan. (f) 


Baca Juga : 
Cerita 3 Wanita Pelaku Usaha Bangun Bisnis Sustainable
Kesadaran untuk Memulai Hidup Secukupnya
Kurangi Ketergantungan Pada Plastik Baru, Coca-Cola Luncurkan Kemasan 100% rPET



Topic

#sustainability, #sosial, #lingkungan

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?