Career
Tips Berkenalan dengan Rekan Kerja Baru di Online Meeting

21 Feb 2022

Foto: Dok. Pexels
 

Di tengah kondisi pandemi saat ini, banyak kantor yang memberlakukan work from home bagi karyawannya. Sehingga pertemuan antar karyawan pun lebih sering dilakukan lewat online meeting atau virtual meeting. Para karyawan lama mungkin tidak ada masalah karena sudah saling kenal. Namun, untuk karyawan yang baru saja masuk kerja, tentunya agak canggung saat harus memperkenalkan diri pertama kali via online.
 
Nah, bagi karyawan baru yang harus berkenalan dengan rekan sekerja lewat online meeting, William Arruda, co-founder CareerBlast.TV dalam tulisannya di Forbes memberikan beberapa tips, yang bisa Anda coba: 
 
1/ Muncul Tepat Waktu.
Sama halnya saat meeting offline, hadir tepat waktu saat  online meeting dimulai. Bahkan tidak masalah jika Anda masuk ke ruang meeting lebih dahulu dan menunggu peserta lainnya. Hal ini memperlihatkan kalau Anda menganggap meeting tersebut sangat penting.
 
2/ Sebutkan Nama Mereka
Setelah saling memperkenalkan diri, seringlah menyebutkan nama mereka saat berbicara di meeting. Keuntungan meeting via online adalah biasanya nama masing-masing peserta tercantum di layar mereka. Jadi, Anda bisa lebih mudah mengingatnya. Jika memang masih sulit, Anda bisa screenshot layar gadget untuk mengingat wajah dan nama mereka kembali setelah meeting usai.
 
3/ Tatap Kamera Saat Berbicara
Saat giliran Anda yang berbicara, tataplah kamera gadget Anda, bukan layar yang menampakkan wajah lawan bicara. Karena jika Anda menatap layar, yang terlihat oleh lawan bicara adalah Anda menatap ke bawah. Dengan menatap langsung ke kamera, menunjukkan kalau Anda serius dan percaya diri akan hal yang Anda bicarakan. Boleh saja sesekali Anda menatap ke arah layar untuk melihat reaksi mereka.
 
4/ Aktif Berbicara
Salah satu cara orang lain menyadari keberadaan Anda adalah dengan aktif terlibat dalam diskusi rapat. Ajukan pertanyaaan, dengarkan pendapat orang lain, dan keluarkan pendapat Anda sendiri. Usahakan Anda sudah siapkan dulu materi sebelum meeting mulai supaya tidak bingung mengikuti arah pembicaraan.
 
5/ Paham Teknologi
Meskipun misalnya Anda baru pertama kali melakukan online meeting, jangan sampai rekan sekerja baru Anda mengetahui hal ini. Pelajari dulu cara menggunakan aplikasi online meeting. Mulai dari cara mengaktifkan kamera atau speaker, menggunakan fitur background dan comment, serta sharing materi presentasi. Semua ini bisa dengan mudah dipelajari sendiri sebelum meeting mulai.
 
6/ Kenalin Mereka
Selain materi rapat, hal penting lainnya yang perlu Anda survei adalah latar belakang para peserta rapat alias rekan-rekan kerja baru Anda. Cari tahu dulu apa jabatan mereka, dari bagian mana, dan tanggung jawab mereka di meeting tersebut. Hal ini bisa membuat kesan Anda terlihat bagus di mata mereka. Anda jadi tahu cara bersikap serta memberikan dan mendapatkan informasi pada orang yang tepat.  
 
7/ Catatan Penting
Sebagai anak baru di perusahaan, ada banyak hal yang perlu Anda pelajari. Bukan hanya sekadar pekerjaan, tapi juga budaya di kantor baru. Jadi, penting untuk mencatat semua informasi yang Anda dapatkan di meeting itu. Mulai dari cara memanggil sebutan masing-masing orang hingga alur pemberian tugas. Jika takut kelewat hal penting, Anda boleh saja merekam meeting tersebut.
 
8/ Jalin Hubungan
Pastikan mereka tahu Anda ingin terlibat dalam kegiatan kantor, baik yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun sekadar sosialisasi. Jadi, jalinlah koneksi dengan rekan-rekan kerja baru. Mintalah mereka memasukkan Anda ke WhatsApp group, saling follow di akun sosial media, hingga janji untuk ketemu offline ketika pandemi sudah mereda.
 
9/ Cek Kapan Pertemuan Selanjutnya
Anda perlu terus terkoneksi dengan rekan-rekan Anda ini untuk tahu soal pekerjaan dan info seputar kantor. Karena itu jangan akhiri meeting tanpa tahu kapan pertemuan selanjutnya. Terkadang rencana pertemuan selanjutnya tidak dibahas di meeting. Jadi, kalau Anda tidak merasa mendengar rencana tersebut, jangan ragu untuk bertanya kapan dan bagaimana semua hasil meeting di-follow up.
 
10/ Jangan Buru-buru Keluar dari Meeting
Saat meeting selesai, jadilah orang paling terakhir yang meng-klik “leave meeting”. Supaya nggak terkesan Anda ingin cepat-cepat pergi dari hadapan mereka. Bahkan dengan menunggu hingga semua orang pergi, bisa saja ada beberapa rekan yang mengajak Anda mengobrol secara pribadi. (f)
 

Baca Juga
5 Trik Agar Suara Karyawan Introvert Terdengar Saat Rapat Online
Hindari 8 Kesalahan Ini Saat Lakukan Percakapan Basa-basi
Do’s & Don’ts Curhat Soal Pekerjaan di Media Sosial
 
 


Topic

#Karier, #OnlineMeeting , #Kenalan, #RekanKerja, #Komunikasi, #Rapat

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?