Kenyamanan menggunakan transportasi adalah milik bersama. Ini termasuk bagi penyandang disabilitas atau lansia yang sudah perlu menggunakan kursi roda.
Ke sana-sini dengan nyaman selama di perjalanan penting banget! Siapa di sini yang kerap usaha ekstra kala membawa orang tuanya bepergian karena mobil pribadi tidak bisa mengangkut kursi roda?
Sebagai layanan transportasi, masalah ini sudah lama ditangani perusahaan Bluebird, dengan diluncurkannya Lifecare Taxi di tahun 2014. Layanan ini memberi akses lebih baik kepada individu dengan kebutuhan khusus, lansia, atau mereka yang memerlukan perhatian ekstra. Inovatif dan relevan.
Lifecare Taxi tersedia pada jenis kendaraan MPV (Multi-purpose Vehicle).
Ada kabin lega, kursi penumpang yang bisa naik–turun secara otomatis, dan pengemudi yang lihai menggunakan fitur-fitur armada Lifecare Taxi.
Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk. Foto: Dok. Bluebird
“Lifecare Taxi telah membantu ribuan orang mendapatkan layanan transportasi yang setara,” ujar Noni Purnomo, Board of Advisors PT Blue Bird Tbk dan Koordinator Bluebird Peduli.
Senada dengan Noni, Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, ingin menjembatani kesenjangan aksesibilitas dalam transportasi.
Di Jakarta, armada Lifecare Taxi menyebar di beberapa rumah sakit, seperti RS Pantai Indah Kapuk, RS Fatmawati, RS Dharmais, RS EMC Alam Sutera, dan Siloam Hospitals Semanggi.
Disampaikan pada konferensi pers, layanan keren ini baru-baru saja diperluas ke Bali, di pangkalannya di BIMC Hospital dan Siloam Hospitals.
“Dengan meningkatnya proporsi lansia dengan disabilitas, dari 20% di usia 65 tahun menjadi 60% di usia 90 tahun, maka Lifecare Taxi memberi harapan bagi mereka untuk tetap beraktivitas sesuai dengan kondisinya,” ungkap narasumber, Prof Dr. Tri Budi W Rahardjo, drg. MS, Guru besar Gerontologi & Penasihat Centre for Family and Ageing Studies (CeFAS) Universitas Respati Indonesia dan anggota Kelompok Kerja Kesehatan Lanjut Usia Kemenkes. (f)
Trifitria Nuragustina
Topic
#bluebird