Gadget
Tip Menggunakan WhatsApp Untuk Urusan Pekerjaan

16 Apr 2020

Foto: pixabay

Menurut survei State of Remote Work (2019) yang dilakukan Buffer, agensi pengembangan brand online, secara global kesulitan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi menjadi tantangan yang menempati posisi tiga teratas bagi pekerja yang bekerja dari rumah. Tah heran kalau aplikasi percakapan makin ramai dan makin banyak diunduh. Survei COVID-19 Barometer (2020) yang dilakukan Kantar, sebuah perusahaan riset pasar menemukan, secara global penggunaan WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40% di antara pengguna usia 18-34 tahun.  

Kalau biasanya digunakan untuk mengobrol bersama teman, bisa jadi lalu lintas percakapan daring kini lebih sering digunakan untuk urusan pekerjaan. Di samping kemudahan berkomunikasi, ada beberapa kendala yang bisa terjadi saat menggunakannya untuk urusan profesional. Ini tip untuk mengatasi kendala yang bisa terjadi.

1/ Rentan salah paham

Untuk urusan profesional, usahakan untuk tidak terlalu banyak menyingkat kata, apalagi menggunakan simbol dan emoticon yang tidak perlu. Kecuali bila komunikasi antar atasan bawahan sangat cair dan santai. Perhatikan juga penggunaan tanda baca dan pemotongan kata yang tepat. Semua ini akan memperkecil kemungkinan terjadi salah paham. 

2/ Menemukan percakapan penting di tengah gunungan pesan

Bagaimana menemukan pesan penting dan file yang lalu di antara puluhan bahkan ratusan pesan di WhatsApp? Agar mudah menemukan percakapan penting, tandai dengan cara: ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri bintang lalu ketuk tanda bintang di bagian kanan atas layar. Untuk menemukan pesan-pesan yang sudah diberi bintang, cukup ketuk "opsi lainnya” yang berbentuk tiga titik di kanan layar handphone Anda, kemudian ketuk Pesan berbintang.

Untuk menemukan dokumen, tautan, atau file media yang dikirim dalam ruang percakapan di WhatsApp, tinggal ketuk bintang yang berada di sudut kanan atas. 

3/ Distraksi notifikasi

Berisik karena notifikasi dari banyaknya percakapan atau WhatsApp Group (WAG) saat bekerja atau video call penting? Agar bisa fokus bekerja, Anda dapat menyesuaikan notifikasi, sehingga Anda bisa mengetahui notifikasi mana yang berasal dari atasan, kolega, klien, atau WAG kantor Anda. Untuk WAG yang lebih banyak becanda, atur ke mute saja. Anda bisa melihatnya nanti saat santai.

4/ Repot mencari-cari

Supaya tidak usah menggulirkan pesan ke atas dan bawah untuk memulai atau menjawab percakapan. Atur prioritas percakapan dengan menempatkan orang atau WAG penting di posisi teratas. Caranya, tekan agak lama pada nama orang atau WAG, lalu ketuk fitur sematkan (pinned).  Untuk pengguna iPhone, geser ke kanan percakapan yang ingin Anda prioritaskan, lalu ketuk sematkan. Ini akan menghemat waktu saat Anda perlu segera mengirim pesan. (f)

 Baca Juga:

Lakukan 5 Hal Ini untuk Koneksi Wifi Anti Lelet di Rumah
Aplikasi Zoom Meeting Rentan Diretas, Ini Cara Gunakan Aplikasi Video Conferencing secara Aman
Tip Agar Percakapan Daring Tak Bocor


Topic

#gadget, #workfromhome

 



polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?